Polri Sebut Keamanan Papua Kondusif Jelang HUT OPM

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 06:12 WIB
Polri Sebut Keamanan Papua Kondusif Jelang HUT OPM Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra. (CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mabes Polri menyatakan kondisi di Papua relatif kondusif jelang perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM), 1 Desember mendatang.

"Secara umum di Papua situasi dalam keadaan damai dan kondusif," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Kamis (28/11).

Personel Polri dan TNI terus melakukan antisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi terkait perkembangan situasi di Papua.


Asep menyebut aparat keamanan juga telah melakukan perhitungan dan analisa berbagai aspek dalam rangka pengamanan jelang HUT OPM.

"Sudah diperhitungkan dan dianalisis semua dalam lingkup prediksi kita, dan antisipasi-antisipasi juga akan kita lakukan," tuturnya.

Sebelumnya, Polri telah mengeluarkan larangan kepada masyarakat Papua melakukan perayaan jelang HUT OPM

"Kapolda Papua sudah menyampaikan tidak ada kegiatan-kegiatan yang bersifat perayaan," kata Asep, Rabu (27/11).

Sementara itu, Karo Penmas Mabes Polri Brigadir Jenderal Argo Yuwono mengatakan polisi telah melakukan pemetaan terhadap daerah rawan konflik di Papua jelang HUT OPM.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Argo, hal itu dilakukan untuk menentukan perlu tidaknya penambahan pasukan dari luar Polda Papua untuk melakukan pengamanan di Papua.

Polda Papua bakal mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan wilayah Papua jelang HUT OPM pada 1 Desember. Menurut Kapolda Papua Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw hal itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat setempat.

Ia menjelaskan polisi sudah bersepakat dengan Pemprov setempat untuk melarang segala bentuk kegiatan apapun dalam rangka memperingati HUT OPM itu. (dis/wis)