Demo Pulangkan Rizieq Bubar Usai Ditemui Anak Buah Mahfud MD

CNN Indonesia | Jumat, 29/11/2019 16:52 WIB
Demo Pulangkan Rizieq Bubar Usai Ditemui Anak Buah Mahfud MD Massa dari Front Mahasiswa Islam (FMI) membubarkan diri setelah audiensi di Kemenko Polhukam terkait pemulangan Rizieq Shihab. (CNN Indonesia/ Priska Sari Pratiwi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perwakilan mahasiswa yang menggelar demonstrasi di depan kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, membubarkan diri usai melakukan audiensi dengan Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Kemenko Polhukam Brigjen Jusmarizal, Jumat (29/11).

Awalnya, perwakilan mahasiswa itu akan bertemu dengan Menko Polhukam Mahfud MD. Namun Mahfud tengah mengisi acara di Mabes AD, sehingga audiensi itu diwakili oleh Jusmarizal.


Dalam pertemuan itu, massa demo menyampaikan tuntutan pemulangan imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab ke Indonesia.


"Kami menyampaikan tentang pemberian hak-hak Habib Rizieq Shihab sebagai warga negara karena kami melihat ada upaya pengasingan terhadap Habib Rizieq Shihab," ujar salah satu koordinator aksi perwakilan dari Front Mahasiswa Islam (FMI) Lutfi Hasbi Hasbullah.

Ia juga menyampaikan tuntutan pencopotan Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel karena dinilai tak dapat melindungi Rizieq sebagai warga negara Indonesia.

Sejumlah mahasiswa dan simpatisan FPI melakukan aksi damai di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat, 29 November 2019. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Lutfi berharap Mahfud dapat memenuhi tuntutan para mahasiwa. "Semoga segera diselesaikan masalah kami. Ini jadi PR beliau sebagai Menko baru," katanya.

Hanya saja pihak Kemenko Polhukam belum memberikan keterangan terkait audiensi tersebut.


Tak lama setelah audiensi, massa langsung membubarkan diri usai melakukan aksi selama kurang lebih dua jam sejak pukul 14.00 WIB.

Salah satu orator aksi pun meminta mahasiswa membubarkan diri dengan tertib diiringi selawat. Ia meminta agar Mahfud memenuhi tuntutan para mahasiswa.

"Jika tak dipenuhi kami akan kembali melakukan aksi," serunya.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam FMI Nasional melakukan aksi demo di depan kantor Kemenko Polhukam menuntut pemulangan Rizieq.

Dalam aksi tersebut, para mahasiswa menyampaikan sejumlah tuntutan di antaranya pemerintah harus meminta maaf kepada umat Islam karena gagal melindungi Rizieq, menuntut pemecatan Agus Maftuh, dan menuntut jaminan keselamatan kepulangan Rizieq ke Indonesia.

[Gambas:Video CNN] (psp/pmg)