PKS-PDIP Mesra di Sukabumi Jelang Pilkada 2020

Antara, CNN Indonesia | Sabtu, 30/11/2019 17:19 WIB
PKS-PDIP Mesra di Sukabumi Jelang Pilkada 2020 Ilustrasi PKS (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengurus DPD PKS Kabupaten Sukabumi mengunjungi DPD PDIP Kabupaten Sukabumi jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Keduanya membuka kemungkinan untuk berkoalisi.

"Safari politik yang kami lakukan ini utamanya untuk bersilaturahim sekaligus melakukan komunikasi politik dengan PDIP menjelang perhelatan pilkada yang akan digelar pada 2020," kata Sekretaris DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin di Sukabumi, mengutip Antara, Sabtu (30/11).

Sodikin mengamini PKS dan PDIP saling berseteru pada Pemilu dan Pilpres 2019 lalu. PKS mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, sementara PDIP mengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin.


Dalam pembentukan kabinet, Presiden Jokowi juga tidak mengajak PKS. Dengan kata lain, PKS berada di luar pemerintahan atau oposisi.

Meski begitu, Sodikin mengklaim PKS memiliki kesamaan yang bersifat mendasar dengan PDIP, yakni soal militansi kader. Oleh karena itu, PKS membuka kemungkinan untuk berkoalisi dengan PDIP di Pilkada Sukabumi 2020 mendatang.

Sodikin menyebut Dewan Pimpinan Pusat (DPP) juga sudah mempercayakan langkah-langkah yang diambil DPD PKS Sukabumi demi memenangkan Pilkada Sukabumi.

"Soal koalisi DPP PKS sudah menyerahkan sepenuhnya kepada pengurus di daerah seperti di Kabupaten Sukabumi sehingga peluang koalisi terbuka lebar dengan PDIP," katanya.

[Gambas:Video CNN]
Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Sukabumi Tata Subrata mengamini bahwa kunjungan pengurus PKS tak lepas dari kans berkoalisi di Pilkada Sukabumi. Komunikasi akan terus dilakukan antara kedua pihak.

"Pertemuan ini masih bersifat silaturahim atau saling menjajaki dan komunikasi politik terus kami lakukan untuk menentukan langkah koalisi karena pada pilkada ini kami targetkan menang," katanya.

Tata belum mau bicara banyak soal kepastian koalisi. Dia hanya mengatakan bahwa safari politik PKS baik. PDIP juga terus berkomunikasi dengan partai lain.

Pilkada serentak 2020 bakal dihelat di 270 daerah. Terbanyak dibanding pilkada-pilkada sebelumnya.

Pilkada 2020 nanti akan meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Termasuk Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

(bmw)