Kementerian BUMN Bantah Direktur BTN Terpapar Radikalisme

CNN Indonesia | Sabtu, 30/11/2019 18:50 WIB
Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyebut akan mengambil tindakan tegas bila Direktur BTN Hirwandi Gafar terbukti terpapar radikalisme. Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga. (Detikcom/Lisye Sri Rahayu)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan mengambil langkah tegas bila Direktur Consumer dan Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (Persero) alias BTN, Hirwandi Gafar, benar telah terpapar paham radikal alias radikalisme.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan itu merespons informasi viral di media sosial yang mengaitkan Hirwandi dengan radikalisme. Arya menyampaikan sejauh ini tidak ada jajaran direksi yang menganut ideologi bertentangan dengan Pancasila.

"Kami lihat secara ideologi direksi ini masih Pancasila," kata Arya lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (30/11).


"Tetapi kalau nanti lebih jauh memang terpapar secara dalam dan menjauh dari Pancasila, kami akan menyikapinya dengan tegas," ujarnya lagi.

Sementara itu, Achmad Chaerul Rasjid Head of Corporate Secretary Bank BTN, menyatakan isu tersebut lebih baik diserahkan kepada Kementerian BUMN."

"Saya kira sudah dijawab oleh kementerian kok, sudah cukup jelas. Yang punya kewenangan mengangkat direksi kementerian atau pemegang saham," ujarnya.

Isu Hirwandi terpapar radikalisme viral di media sosial. Akun Twitter @Kars104 mengunggah foto yang menampilkan potongan gambar dari laman Facebook Hirwandi Gafar pada 23 Mei 2017. 

[Gambas:Video CNN]

Dalam statusnya saat itu disebutkan: "Gerakan 7 juta status. Kami percaya Ulama dan mendukung perjuangannya. Jangan dishare tapi di copy, agar tembus 7 jt. VIRALKAN !!! #Gerakan7jutastatus"

Di samping potongan gambar itu, terdapat foto Habib Rizieq dengan tulisan, "Kami Percaya Ulama, Habib Rizieq dan Mendukung Perjuangannya."

Potongan gambar status Facebook yang diduga milik Hirwandi kemudian disandingkan dengan curriculum vitae (CV) Hirwandi sebagai Direktur Consumer and Commercial Lending BTN.

CV Hirwandi dengan logo BTN di sebelah kanan atas itu di antaranya berisi informasi tentang tempat dan tanggal lahir, pendidikan, serta pengalaman kerjanya.

Sejumlah netizen mempertanyakan apakah Menteri BUMN Erick Thohir sudah mengetahui bahwa Hirwandi telah terpapar radikalisme. (mts/wis)