Imbas Reuni 212, Lalu Lintas Sekitar Monas Macet

CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 08:54 WIB
Imbas Reuni 212, Lalu Lintas Sekitar Monas Macet Kemacetan di sekitar Monas, Senin (2/12). (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
Jakarta, CNN Indonesia -- Massa dari berbagai elemen menghadiri Reuni Akbar 212 yang diselenggarakan di Monumen Nasional, Jakarta, Senin (2/12). Acara yang dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu mengakibatkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. 

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, kemacetan terparah terjadi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Kendaraan dari arah Jalan M.I. Ridwan Rais dan Kebon Sirih terlihat tak bergerak untuk menuju Jalan Medan Merdeka Barat atau Jalan Budi Kemuliaan. 

Kemacetan di jalan terebut diakibatkan oleh kendaraan pribadi dan bus yang mengangkut massa Reuni Akbar 212 yang diparkir di hampir sebagian besar ruas jalan sepanjang jalan Medan Merdeka Selatan. 
Tak hanya itu, sepeda motor peserta acara tampak terparkir di atas trotoar tempat pejalan kaki melintas.


Petugas dinas perhubungan hingga kepolisian tampak diterjunkan di jalur yang mengalami kemacetan parah. Akan tetapi, mereka tampak tidak mampu mengurai kemacetan akibat banyaknya kendaraan yang diparkir sembarangan.

Selain akibat kemacetan, penutupan jalan dari arah Medan Merdeka Selatan menuju Stasiun Gambir juga memperparah situasi arus lalu lintas.

Hingga berita ini diturunkan, situasi lalin masih mengalami kemacetan parah. Sejumlah pegawai kementerian di kawasan Monas yang terdampak kemacetan bahkan harus rela jalan kaki menuju kantornya dari Jalan Medan Medeka Selatan dan Kebon Sirih agar tidak telat masuk kerja. 
[Gambas:Video CNN]
Sebelumnya, Persatuan Alumni 212 dan sejumlah elemen masyarakat menggelar Reuni Akbar 212 di Monas, Jakarta, Senin (2/12). Selain reuni, acara digelar untuk menuntut penista agama dipenjara.

Imam Besar Rizieq Shihab hingga Gubernur DKI Anies Baswedan juga memberikan orasi dalam acara itu. Khusus Rizieq yang berasa di Arab Saudi, orasi disampaikan lewat video conference.
(jps/ugo)