Airlangga dan Bamsoet Resmi Daftar Bakal Calon Ketum Golkar

Tim, CNN Indonesia | Senin, 02/12/2019 18:07 WIB
Airlangga dan Bamsoet Resmi Daftar Bakal Calon Ketum Golkar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar Bambanng Soesatyo saat Rapimnas Partai Golkar di Jakarta, Kamis, 14 November 2019. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Petahana Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo atau Bamsoet resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum Partai Golkar di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, pada Senin (2/12).

Keduanya digadang-gadang memiliki peluang lebih besar untuk memenangkan kursi ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024.

Bamsoet menyatakan dirinya sudah memenuhi semua persyaratan yang diminta pihak panitia untuk maju sebagai caketum Golkar. Ia pun membeberkan beberapa program yang akan dikerjakan bila terpilih sebagai Ketum Golkar.


Pertama, dirinya dan para pengurus DPP Partai Golkar akan rajin turun ke daerah menemui para pengurus wilayah.


"Kedatangan ketum ke daerah untuk menumbuhkan spirit," kata Bamsoet.

Selain itu, Bamsoet berjanji akan memberikan kewenangan dan tanggung jawab kepada para pengurus daerah untuk mengeksekusi pelbagai program secara mandiri. Ia tak ingin kekuasaan Golkar hanya terpusat di tingkat pusat.

"Alangkah indahnya kalau kita bisa bergandengan tangan untuk membangun partai. Yang penting kita tetap komit dan support pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin," kata dia.

Setelah Bamsoet, Airlangga Hartanto menyusul hadir di Kantor DPP Partai Golkar untuk mendaftar sebagai bakal caketum Golkar.

Airlangga mengklaim telah didukung oleh banyak pemilik suara sah dalam Munas Golkar untuk maju sabagai ketum Golkar.

"Jadi kalau jadi caketum tanpa didukung pemegang suara, namanya mengajukan diri sendiri. Saya tadi sudah dikatakan didukung oleh pemilik suara. Jadi jelas yang dipilih ini bukan menjadi anggota DPP Partai Golkar, tapi menjadi caketum Golkar," kata Airlangga.


Selain itu, Airlangga mengatakan semua kader Golkar lain yang mencalonkan diri sebagai caketum Golkar bukanlah berstatus sebagai lawan. Ia menilai semua kandidat ketua umum merupakan kader terbaik Golkar.

"Semuanya enggak ada lawan, semuanya kader-kader terbaik Partai Golkar," kata dia.

Airlangga Hingga Bamsoet Daftar Bakal Calon Ketum GolkarSuasana sidang Mahkamah Partai Golkar. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Delapan Orang Resmi Daftar

Selain Airlangga dan Bamsoet, terdapat empat tokoh lainnya yang resmi mendaftarkan diri sebagai bakal caketum Golkar pada hari ini. Mereka adalah Ahmad Anama, Indra Bambang Utoyo dan Agun Gunanjar Sudarsa, hingga Derek Loupatty.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Ahmad Anama datang terlebih dulu untuk mendaftar dan mengembalikan formulir ke panitia Musyawarah Nasional (Munas) Golkar pada pukul 11.30 WIB. Ia datang didampingi oleh sejumlah cosplayer yang mengenakan kostum berbagai superhero popular.

Setelah Anama, giliran Indra Bambang Utoyo hadir untuk mendaftarkan diri sebagai kandidat ketua umum Golkar. Indra hadir sekitar pukul 13.00 WIB bersama para simpatisannya.

Setelah itu, berturut-turut hadir Agun Gunanjar Sudarsa, Derek Lopatty dan Airlangga yang secara resmi mengembalikan formulir pendaftaran.

Sementara Ridwan Hisyam dan Ali Yahya sudah terlebih dulu resmi mendaftarkan dirinya sebagai kandidat Ketum Golkar pada Minggu (1/12). Sehingga, sejauh ini kandidat calon Ketum Golkar yang resmi mendaftar berjumlah delapan orang. Pendaftaran calon ketua umum sendiri akan ditutup hari ini pada pukul 22.00 WIB.

Munas Partai Golkar akan secara resmi dibuka pada 3 sampai 6 Desember 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Forum Munas itu merupakan forum tertinggi di Partai Golkar untuk memilih ketua umum.

[Gambas:Video CNN] (rzr/pmg)