Ridwan Hisjam Tak Mau Mundur dari Pencalonan Ketum Golkar

CNN Indonesia | Selasa, 03/12/2019 21:37 WIB
Ridwan Hisjam Tak Mau Mundur dari Pencalonan Ketum Golkar Ridwan Hisjam. (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ridwan Hisjam menyatakan akan tetap maju sebagai bakal calon ketua umum (caketum) Partai Golkar.

Ia mengaku tidak mengikuti langkah kader 'Beringin' yang telah menyatakan mundur sebelum Musyawarah Nasional (Munas) X Golkar dibuka.

"Alasan apa mengundurkan diri?" kata Ridwan saat ditemui di arena Munas X Golkar, Kuningan, Jakarta, Selasa (3/12).


Ia menyatakan akan tetap mengikuti proses pemilihan caketum Golkar selanjutnya. Ridwan juga mengaku akan melakukan upaya pendekatan ke pemimpin DPD tingkat I, DPD tingkat II, dan organisasi sayap agar bisa memenuhi syarat dukungan 30 persen pemilik suara untuk menjadi caketum Golkar.

"Enggak mundur, aku enggak pernah teken surat. Saya akan ikuti tahapannya sampai tahap dukungan. Kita serahkan kepada peserta pemilik suara," katanya.

Sebelumnya, dua dari lima bakal caketum Golkar yang dinyatakan Komite Pemilihan memenuhi syarat yaitu Bambang Soesatyo dan Agun Gunandjar Sudarsa telah menyatakan mundur dari pencalonan.

Menurut Ketua Pelaksana Munas Golkar Ades Kadir bakal caketum Golkar Ali Yahya pun telah mengundurkan diri. Namun, Ali belum memberikan pernyataan secara resmi terkait pengunduran dirinya tersebut hingga saat ini.

[Gambas:Video CNN]
Menyikapi pengunduran diri sejumlah bakal caketum Golkar, kubu bakal caletum petahana Airlangga Hartarto membuka kemungkinan pemilihan ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024 akan dilakukan dengan sistem aklamasi.

"Kemungkinan besar arahnya kepada aklamasi," kata loyalis Airlangga, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan, Selasa (3/12).

(mts/kid)