Mantan Menteri Jokowi Maju Jadi Calon Ketua Umum PAN

CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 21:37 WIB
Mantan Menteri Jokowi Maju Jadi Calon Ketua Umum PAN Asman Abnur mengaku akan mencalonkan diri sebagai Ketum PAN. (CNN Indonesia/Elisa Valenta Sari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Asman Abnur menyatakan maju dalam bursa calon ketua umum partai berlambang matahari itu untuk periode 2020-2025. Ia mengklaim telah mengantongi dukungan dari banyak Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di seluruh wilayah.

"Insyallah [akan maju], koalisi sendiri aja. Yang jelas kader itu punya hak untuk maju," kata Asman di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12).

Meski demikian, Asman memgaku masih merahasiakan jumlah DPW dan DPD PAN yang akan mendukungnya. Lebih lanjut, Asman menyatakan akan membawa berbagai program kerja yang baru untuk kemajuan PAN ke depannya.


Ia pun sudah menyatakan sudah siap untuk berkontestasi dengan para calon ketua umum PAN lainnya yang berencana maju dalam Kongres.

"Namanya demokrasi prosesnya harus siap. Pilkada aja siap, pileg yang kemarin keras aja kita siap, menghadapi masyarakat satu-satu. Belum lagi menghadapi masyarakat di daerah terpencil. Harus siap di politik ini," kata dia.

[Gambas:Video CNN]
Selain itu, Asman tak ingin ambil pusing terkait isu kewajiban mendapat restu pendiri PAN Amien Rais. Ia menegaskan bahwa dukungan di PAN bersifat terbuka.

"Semua di PAN terbuka. Jadi tidak ada membedakan dari A si B. Dari kelompok A Kelompok B karena yang punya suara itu DPD. Masing-masing daerah jadi daerah itu bebas menentukan pilihannya ke mana," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sudah mengirim sinyal akan maju kembali sebagai kandidat Ketua Umum PAN 2020-2025. Ia turut membeberkan empat nama yang berpotensi menjadi pesaingnya.

Mereka diantaranya adalah Asman Abnur, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais, Wali Kota Bogor sekaligus Waketum PAN Bima Arya Sugiarto, serta Waketum PAN Mulfachri Harahap.

PAN saat ini berada di luar pemerintahan dan terakhir kali memiliki menteri saat Asman menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Kabinet Kerja Jokowi-JK.

(rzr/arh)