Siapkan Kongres V, PAN Gelar Rakernas

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 10:14 WIB
Siapkan Kongres V, PAN Gelar Rakernas Ketua DPP PAN Yandri Susanto (kanan) mengatakan partainya akan menggelar rakernas Sabtu (7/12). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A.)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan partainya akan menggelar rapat kerja nasional (Rakernas) di Hotel Millenium, Jakarta, pada Sabtu (7/12). Ia menyatakan salah satu agenda Rakernas adalah pembahasan persiapan dan menentukan jadwal Kongres ke-5 PAN.

"Tanggal 7 di Hotel Millenium. Rakernas itu hanya menentukan tempat dan waktu kongres," kata Yandri saat ditemui di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/12) malam.


Meski begitu, Yandri menyatakan DPP PAN sendiri belum memiliki ancang-ancang kapan akan menggelar kongres. Ia menyerahkan sepenuhnya dalam forum Rakernas untuk menentukan jadwal tersebut.


Adapun, Kongres PAN nanti memiliki agenda memilih ketua umum periode 2020-2025. Yandri mengatakan mekanisme pemilihan ketua umum itu nantinya akan dibahas dalam peraturan tata tertib yang akan dibahas dalam kongres.

Persiapan Kongres V, PAN Gelar Rakernas Akhir PekanZulkifli Hasan akan mencalonkan diri kembali menjadi ketua umum PAN pada kongres mendatang. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain itu, Yandri turut memastikan sudah ada beberapa kandidat calon ketua umum PAN akan maju dalam kongres tersebut. Mereka di antaranya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Waketum PAN Asman Abnur, Waketum PAN Hanafi Rais, Wali Kota Bogor sekaligus Waketum PAN Bima Arya Sugiarto, serta Waketum PAN Mulfachri Harahap.


Meski begitu, Yandri mengklaim Zulkifli Hasan atau Zulhas merupakan kandidat terkuat untuk bisa meraih kembali kursi Ketum PAN dalam kongres tersebut.

Yandri kembali mengklaim bahwa Zulhas sudah mengantongi dukungan sebanyak 28 dari pengurus DPW PAN seluruh Indonesia.

"Bahkan bisa nambah lagi," ujar Yandri.

Selain Zulhas, Asman Abnur juga masuk bursa calon ketum PAN mendatang. Dia adalah mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Kabinet Indonesia Kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Namun kini, PAN berada di luar pemerintahan.


[Gambas:Video CNN] (rzr/pmg)