Zulhas Diklaim Kandidat Terkuat Ketum PAN 2020-2025

CNN Indonesia | Kamis, 05/12/2019 10:49 WIB
Zulhas Diklaim Kandidat Terkuat Ketum PAN 2020-2025 Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengklaim Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas merupakan salah satu kandidat terkuat untuk bisa meraih kembali kursi Ketum PAN dalam kongres tersebut di antara kandidat lainnya.

Yandri mengklaim bahwa Zulhas sendiri sampai saat ini sudah mengantongi dukungan sebanyak 28 dari pengurus DPW PAN seluruh Indonesia.

"Bang Zul itu didaulat oleh DPW dan DPD untuk maju kembali kok. Karena diminta didaulat oleh yang punya suara di kongres, kata bang Zul 'bismillah saya akan maju lagi'. Karena diminta, bukan maunya bang Zul," kata Yandri, Kamis (5/11) di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta


Lebih lanjut, Yandri menyatakan bahwa Zulhas sendiri tak pernah berpikir untuk maju kembali sebagai calon ketua umum PAN 2020-2025. Atas desakan dan dukungan dari banyaknya pengurus daerah tersebut, kata dia, membuat Zulhas harus menyerap aspirasi tersebut.
Zulhas Diklaim Kandidat Terkuat Ketua Umum PAN 2020-2025Politikus PAN, Yandri Susanto. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).

"Zulhas itu enggak pernah eksplisit mau maju lagi, enggak. Tapi karena didaulat tadi. Kan beda dong, ujug-ujug mau maju lagi sama didaulat beda. Jadi bang Zul itu maju sekali lagi karena didaulat, diminta oleh DPW yang sebanyak 28 itu. Bahkan bisa nambah lagi," kata dia.

Selain itu, Yandri membantah bila ada mitos bahwa Ketum PAN tak bisa dijabat selama dua periode kepemimpinan sepanjang sejarah berdirinya partai.

Ia menegaskan bahwa aturan yang tertera dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PAN tak ada aturan kader PAN tak boleh menjabat selama dua periode.
[Gambas:Video CNN]

"Jadi kalau orang ada yang mengatakan cukup satu periode itu namanya usaha, supaya mungkin kandidatnya yang menang. Ya gak papa," kata Yandri.

Yandri turut memastikan sudah ada beberapa kandidat calon ketua umum PAN akan maju dalam Kongres tersebut. Mereka diantara Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Waketum PAN Asman Abnur, Waketum PAN Hanafi Rais, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, serta Waketum PAN Mulfachri Harahap. (rzr/ain)