Massa FUIS Saling Lempar Batu dengan Banser NU di Solo

CNN Indonesia | Jumat, 06/12/2019 18:57 WIB
Massa FUIS Saling Lempar Batu dengan Banser NU di Solo Polisi melerai bentrokan antara massa Banser NU dengan Dewan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dan Forum Umat Islam Surakarta (FUIS) di depan Kantor PCNU Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (6/12). (Foto: Dok. Damar Sinuko)
Solo, CNN Indonesia -- Sejumlah massa dari ormas Islam terlibat bentrok dengan kelompok Nahdhlatul Ulama (NU) di depan Kantor PC NU Jalan Honggowongso, Jayengan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (6/12).

Bentrokan terjadi sekitar pukul 15.15 WIB, saat rombongan massa yang mengatasnamakan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dan Forum Umat Islam Surakarta (FUIS) melintasi jalan depan Kantor PC NU Surakarta.

Saat melintas, massa DSKS dan FUIS membunyikan suara motornya dengan keras sehingga memicu keluar massa Pagar Nusa dan Banser yang tengah berjaga di kantor PCNU Surakarta. Saling ejek pun terjadi hingga akhirnya berujung pada bentrokan dengan aksi saling lempar batu.


"Kita memang rekan-rekan di NU, Pagar Nusa dan Banser sudah bersiaga di Kantor PCNU. Mereka DSKS dan FUIS usai demo di Polresta Surakarta melintasi kantor PCNU," kata Ketua PCNU Wonogiri, Mubarok yang ikut berjaga sejak siang di Kantor PCNU Surakarta.

"Ada aparat di situ, seharusnya saling menghormati, tapi ini malah bunyikan klakson dan gas sepeda motornya keras. Kami terpancing", ujar dia.

Bentrokan saling lempar baru bisa diredam ketika aparat mendesak mundur massa DSKS dan FUIS sekitar pukul 17.00 WIB.

"Ada aparat polisi dan Brimob akhirnya memukul mundur massa DSKS dan FUIS. Mereka dibawa menjauh dari kantor PCNU. Sekarang situasi sudah terkendali", tambah Mubarok.

Sejauh ini belum ada keterangan dari polisi terkait peristiwa bentrokan tersebut.

[Gambas:Video CNN] (dmr/osc)