Amien Rais Sindir Dukungan Tanpa Syarat Zulhas untuk Jokowi

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 07/12/2019 14:35 WIB
Amien Rais Sindir Dukungan Tanpa Syarat Zulhas untuk Jokowi Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais saat berpidato di Rakernas V PAN, Jakarta, Sabtu (7/12/2019). (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PANAmien Rais menyindir dukungan tanpa syarat yang diberikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Juli lalu.

Amien mengatakan saat ini ada tren politisi hanya memikirkan kepentingan duniawi. Bahkan dia menyebut tren politik itu juga mendera PAN saat ini.


"Sayangnya, mungkin termasuk PAN pikirannya 4-5 tahun mendatang. Dan yang saya betul-betul tidak paham ada tokoh PAN kok takut sama orang gitu loh. 'Aku dukung tanpa syarat.' Saudara sekalian, saya menangis," kata Amien dengan nada meninggi pada Rapat Kerja Nasional PAN Tahun 2019 di Hotel Millenium, Jakarta, Sabtu (7/12).


Amien mengatakan dukungan tanpa syarat hanya boleh diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Sementara soal urusan politik dengan manusia biasa, kata Amien, tak ada kata tanpa syarat.

Mantan Ketua MPR RI itu sempat bercerita tentang dua perempuan di zaman Nabi Sulaiman AS. Kedua perempuan tersebut bertengkar karena mengklaim sebagai ibu kandung dari seorang bayi.

Amien Rais Sindir Dukungan Tanpa Syarat Zulhas untuk JokowiKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
Saat Nabi Sulaiman AS hendak membelah bayi dengan pedang, ibu kandung bayi itu menangis menjerit-jerit. Dia pun rela berkorban dengan meminta Nabi Sulaiman AS memberikan bayi itu kepada perempuan lainnya.


Amien bilang cerita itu sebagai contoh yang harus diteladani kader PAN. Menurutnya, kader PAN yang sejati rela mengorbankan kepentingan pribadi untuk manfaat yang lebih besar.

"Kader PAN Insyaallah yang lebih kuat yang sejati itu, tapi kalau hanya akan ditunggangi sesaat, itu yang saya akan mengambil perhitungan. Apa perhitungan itu? Tentu tunggu tanggal mainnya," kata Amien.

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan dukungan tanpa syarat kepada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Pernyataan itu dilontarkan jauh sebelum pembentukan Kabinet Indonesia Maju.

"Saya menanggapi itu saja, 'kesempatan lima tahun' kata Pak Amien. Saya mengatakan kami dukung Pak Jokowi dan kami doakan supaya sukses. Lain-lain enggak saya tanggapi, enggak pakai syarat-syarat," kata Zulhas kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (22/7).


[Gambas:Video CNN] (dhf/pmg)