CT Resmikan 9 Sekolah dan 4 Rumah Ibadah di Lokasi Gempa Palu

CNN Indonesia | Sabtu, 07/12/2019 20:27 WIB
CT Resmikan 9 Sekolah dan 4 Rumah Ibadah di Lokasi Gempa Palu Chairman CT Corp Chairul Tanjung meresmikan sekolah dan rumah ibadah di Sulawesi Tengah. (CNN Indonesia/Jafar G. Bua)
Palu, CNN Indonesia -- Satu tahun berlalu gempa bumi, tsunami dan likuifaksi melanda Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Transmedia, Bank Mega, Transmart Carrefour dan unit usaha lainnya di bawah naungan CT Corp bersama CTARSA Foundation juga telah membangun kembali sejumlah sekolah dan masjid yang terdampak langsung bencana dahsyat itu.

Sabtu (7/12) ini, tepat setahun peletakan batu pertama 9 sekolah dan 3 masjid di 13 titik di wilayah Palu, Sigi dan Donggala. Sebelumnya, sejumlah aksi tanggap darurat dilakukan CT Corp dan CT Arsa Foundation sudah dilakukan sehari pascabencana dahsyat ini setahun silam.

Bekerja sama dengan TNI AL dan TNI AU, lebih dari 80 ton bantuan yang terdiri dari makanan dan minuman siap saji, perlengkapan bayi, perlengkapan tidur, pakaian, perlengkapan mandi, perlengkapan dapur, perlengkapan solat, mainan anak, beserta obat-obatan dikirimkan melalui jalur udara maupun jalur laut menggunakan pesawat Hercules TNI dan KRI.


Sejak Sabtu pagi hingga siang, Chairman CT Corp Chairul Tanjung didampingi Anita Chairul Tanjung, yang juga Ketua CT ARSA Foundation meresmikan dan menyerahkan langsung sejumlah gedung baru fasilitas publik tersebut.

Total pengeluaran untuk pembangunan semua fasilitas pendidikan dan rumah ibadah itu sebesar Rp17.319.823.000.

Chairul Tanjung dan Anita Tanjung yang datang bersama kedua anaknya, didampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Walikota Palu Hidayat, dan Bupati Sigi, Irwan Lapata.

Untuk diketahui dari dana pemirsa dan pembaca melalui Dompet Amal Transmedia, Program Mega Berbagi, Transmart Carrefour Peduli dan ditambahkan dengan sumbangan dari Chairman CT Corp dan CTARSA Foundation telah terkumpul dana lebih dari Rp17,3 miliar yang direalisasikan dalam bentuk pembangunan kembali fasilitas pendidikan dan rumah ibadah.

Chairul Tanjung Resmikan 9 Sekolah dan 4 Rumah Ibadah di DaerChairul Tanjung resmikan sembilan sekolah dan empat Rumah Ibadah di daerah bencana Sulawesi Tenggara. (CNN Indonesia/Jafar G. Bua)
Pembangunan kembali fasilitas sekolah dan rumah ibadah ini meliputi sembilan sekolah dan tiga rumah ibadah yang terletak di Kotamadya Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala.


"Kami berharap selesainya pembangunan fasilitas pendidikan dan rumah ibadah ini, masyarakat bisa kembali menjalankan aktivitasnya di tempat yang lebih layak dan lebih baik. Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada segenap pemirsa Transmedia yang telah menyumbangkan dananya melalui Dompet Amal Transmedia, para nasabah program Mega Berbagi, Transmart Peduli dan CT ARSA Foundation yang telah bersama-sama mewujudkan pembangunan ini," kata Chairul Tanjung, Chairman CT Corp.

Chairul juga meminta agar pihak sekolah merawat bangunan gedung baru ini dengan baik.

Pada saat yang sama, Gubernur Sulteng Longki Djanggola juga menyampaikan terima kasih kepada Chairul, CT Corp, CT Arsa dan Transmedia yang peduli pada pembangunan kembali sejumlah fasilitas publik pasca bencana Sulteng.

"Kami mewakili masyarakat Sulawesi Tengah juga berdoa agar Pak Chairul Tanjung dan keluarga senantiasa diberi kelimpahan rahmat dari Allah Subhanahu Wata'ala, Tuhan yang Maha Kuasa," harap Longki.

Saat menyapa pada murid SD dan pelajar Madrasah Aliyah, berkesempatan memberi motivasi kepada mereka.

"Sekarang sudah punya gedung sekolah. Bahkan lebih bagus dari sebelumnya. Olehnya harus lebih rajin lagi belajar dan menjadi apa saja yang dicita-citakannya," kata Chairul.

Rombongan CT Corp juga menyempatkan diri salat berjemaah di Masjid Al-Ikhlas Cemara Indah yang pembangunannya merupakan sumbangan penuh CT ARSA Foundation.

(jfr/pmg)