Soal Peluang Usung Gibran di Solo, PAN Tunggu Usulan Daerah

CNN Indonesia | Senin, 09/12/2019 19:39 WIB
Soal Peluang Usung Gibran di Solo, PAN Tunggu Usulan Daerah Ketua DPP PAN Yandri Susanto. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra).
Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) merespons soal kemungkinan memberi dukungan kepada putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, di Pilkada Solo 2020 mendatang. DPP PAN menyebut, secara mekanisme dukungan kepada calon kepala daerah, partainya akan menunggu usulan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan DPD PAN Solo sejauh ini belum mengusulkan nama calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada Solo tahun depan.

"PAN itu mekanismenya usulan dari daerah, kabupaten atau kota naik ke provinsi baru ke pusat. Sampai hari ini, Jawa Tengah itu belum ada yang mengusulkan. Bukan hanya Solo, semua Jawa Tengah belum ada yang mengusulkan," kata Yandri kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (9/12).


Lebih dari itu, dia menyatakan bahwa PAN tidak mempermasalahkan bila Gibran benar-benar mencalonkan diri di Pilkada Solo 2020. Pasalnya regulasi yang mencegah terjadinya politik dinasti di Indonesia telah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi.

Sehingga, lanjut dia, Gibran diizinkan untuk mencalonkan diri selama memenuhi seluruh persyaratan yang diatur.

"MK (sudah) memutuskan bahwa boleh, karena itu bertentangan dengan UUD 1945, melarang orang untuk sebagai hak politiknya," ucap Ketua Komisi VIII DPR RI itu.

Gibran Rakabuming Raka diketahui bakal mengikuti Pilkada Solo pada 2020 mendatang. Putra sulung Presiden Jokowi itu sudah mengutarakan tekadnya kepada publik untuk maju dalam gelaran Pilkada serentak tahun depan.

[Gambas:Video CNN]
Sejauh ini, Gibran sudah menerima dukungan dari sejumlah pihak. Di antaranya 26 organisasi relawan. Selain itu ada juga dari partai politik, yakni PKS dan PKB.

DPP PKS sebelumnya juga sudah membuka kemungkinan untuk memberikan dukungan kepada Gibran. Presiden PKS Sohibul Iman mempersilakan DPD PKS Surakarta jika ingin mendukung Gibran.

Pun demikian dengan DPP PKB yang menyatakan mendukung pencalonan Gibran sebagai calon Wali Kota Solo dalam Pilkada 2020. PKB mengklaim mayoritas warga Solo ingin dipimpin Gibran. Ketua Desk Pilkada DPP PKB Faisol Reza menilai Gibran memiliki beberapa kelebihan. (mts/osc)