Polisi Kejar Perusak 3 Tempat Sembahyang Hindu di Bromo

CNN Indonesia | Selasa, 10/12/2019 20:43 WIB
Polisi Kejar Perusak 3 Tempat Sembahyang Hindu di Bromo Ilustrasi tempat ibadah Suku Tengger. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tempat sembahyang umat Hindu yang juga Suku Tengger terletak di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, dirusak oleh orang tak dikenal.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Kombes Frans Barung Mangera mengatakan saat ini kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap pelaku.

"Lagi pengejaran," kata Frans kepada CNNIndonesia.com, Selasa (10/12).


Namun, belum diketahui secara pasti berapa jumlah terduga pelaku dalam aksi perusakan tersebut. Sejumlah saksi juga telah diperiksa untuk mengungkap kasus tersebut.

Rusaknya tiga padmasana atau tempat persembayangan itu diketahui terjadi pada Sabtu (7/12) sekitar pukul 13.00 WIB. Tempat persembahyangan itu biasanya digunakam untuk berdoa dan menaruh sesajen bagi umat Hindu suku Tengger di lereng Gunung Bromo.

Satu bangunan persembahyangan besar atau padmasana terletak di lereng Gua Widodaren. Dua bangunan persembahyangan kecil atau padmasari terletak di Gua Lanang dan Gua Wedok--keduanya berada di area Gua Widodaren.

(dis/arh)