PPP Undang Mahfud Buka Musyawarah Kerja Nasional

CNN Indonesia | Kamis, 12/12/2019 01:15 WIB
PPP Undang Mahfud Buka Musyawarah Kerja Nasional PPP mengundang Menko Polhukam Mahfud MD membuka Mukernas V(CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bakal membuka Mukernas V Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada 14 Desember mendatang. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian juga diundang untuk memberikan materi tentang pelaksanaan Pilkada 2020.

Hal itu diutarakan Ketua Panitia Mukernas V PPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi atau Awiek saat menggelar konferensi pers di kantor DPP PPP, Rabu (11/12).

"Selain dihadiri oleh para pengurus DPP dan DPW PPP juga akan dihadiri oleh sejumlah pejabat pemerintah," tutur Awiek.


PPP menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) V pada 14-16 Desember di Jakarta. Mukernas digelar untuk menentukan jadwal Muktamar.

Muktamar sendiri merupakan perhelatan PPP untuk menentukan ketua umum dan kepengurusan baru. Nantinya,

Awiek menjelaskan bahwa panitia Mukernas tidak akan membuat peraturan soal syarat dan ketentuan pencalonan ketua umum. Menurutnya, itu sudah diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai.

"Syarat mutlak menjadi ketum itu pertama pernah menjadi pengurus DPP dalam satu periode atau pernah menjadi pengurus DPW satu periode," kata Awiek.
[Gambas:Video CNN]
Awiek juga mengatakan sejauh ini telah ada lima nama yang menguat di antara para kader untuk diajukan sebagai bakal calon ketua umum untuk didiskusikan dalam Muktamar.

Mereka adalah Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Wakil Ketua Umum Mardiono, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani, Politisi PPP Akhmad Muqowam, dan Ketua Fraksi PPP di DPR Amir Uskara.

"Paling tidak yang disebut untuk punya kans maju atau punya peluang untuk maju ini berdasarkan informasi dari grup WA ataupun diskusi langsung saat kami turun ke bawah," imbuhnya.

Kendati demikian, Ia tidak dapat memastikan kelima nama tersebut benar-benar mengajukan diri sebagai calon ketua umum. Dia menegaskan bahwa dinamika di internal cenderung dinamis.

Segala perubahan masih mungkin terjadi. Terlebih, pendaftaran calon ketua umum juga belum dibuka. Bukan tidak mungkin pula ketua umum nanti hanya diperebutkan oleh 2 atau 3 calon saja.

"Ini sekali lagi berdasarkan letupan ataupun ungkapan-ungkapan dari DPC ataupun DPW ya," tutur Awiek.

PPP menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) V pada 14-16 Desember di Jakarta. Mukernas digelar untuk menentukan jadwal Muktamar.
(mjo/bmw)