Jelang Pelantikan Wantimpres, Wiranto-Agung Laksono ke Istana

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 14:13 WIB
Jelang Pelantikan Wantimpres, Wiranto-Agung Laksono ke Istana Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto merapat ke Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (13/12) jelang pelantikan Wantimpres. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah nama yang digadang-gadang bakal dilantik Presiden Joko Widodo menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) merapat ke Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (13/12) siang.

Pantauan CNNIndonesia.com di lapangan, mereka yang telah hadir antara lain politikus senior PDIP Sidharto Danusubroto dan politikus senior PPP Mardiono Bakar. Mereka langsung masuk ke dalam Istana Negara.

Menyusul kemudian Komisaris Utama PT Mustika Ratu Tbk Putri Kus Wisnu Wardani dan Pemilik Grup Mayapada Dato Sri Tahir. Putri mengaku dikabarkan akan menjadi wantimpres belum lama ini.


"Belum lama. Bulan ini," kata Putri.

Selanjutnya hadir politikus senior Partai Golkar Agung Laksono. Namun, Agung enggan memberikan keterangan kepada awak media. Ia memilih langsung masuk ke kompleks Istana.

Tak berselang lama, mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto merapat ke Istana. Ia tak menjawab saat ditanya kapan diminta untuk menjadi wantimpres.

Wiranto hanya menyampaikan dalam kondisi sehat. Diketahui Wiranto ditusuk saat berkunjung ke Banten, pada Oktober 2019 lalu.

"Alhamdulillah (sehat)," ujar Wiranto sembari terus berjalan.

Hadir juga mantan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Dia tiba dengan mengenakan setelan jas hitam dipadu peci hitam.

Sementara tiga nama lain yang disebut akan diangkat menjadi wantimpres belum terlihat.

Mereka antara lain, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi, Pendiri Medco Group Arifin Panigoro, serta politikus senior NasDem Siswono Yudohusodo.

Politikus senior PDIP, Sidharto Danusubroto membenarkan dirinya ditunjuk kembali menjadi anggota Wantimpres. Sidharto sebelumnya juga menjabat sebagai anggota Wantimpres.

"Iya sudah dapat undangan (pelantikan)," kata Sidharto kepada wartawan, Jumat (13/12).

Sidharto lantas mengonfirmasi sejumlah nama yang juga ditunjuk sebagai anggota Wantimpres. Mereka antara lain Wiranto dan Agung Laksono.

Kemudian Dato Sri Tahir, Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi, serta Putri Kus Wisnu Wardani.

Selain itu Mardiono Bakar, Pendiri Medco Group Arifin Panigoro, serta politikus senior NasDem Siswono Yudohusodo.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman mengatakan pelantikan anggota Wantimpres akan dilakukan hari ini sekitar pukul 14.30 WIB, di Istana Merdeka, Jakarta.

"Pelantikan akan dilaksanakan hari ini Jumat 13 Desember 2019," kata Fadjroel kepada wartawan.

[Gambas:Video CNN]

Wiranto Siap Bertugas


Adapun Wiranto menyatakan siap bertugas dan bekerja kembali usai lengser dari posisinya sebagai Menko Polhukam.

"Saya siap bertugas, siap kerja," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (13/12).

Meski tak secara terbuka, Wiranto membenarkan hendak bertolak ke Istana Negara, Jakarta. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, dia tampak mengenakan jas hitam dan dasi berwarna merah khas para pejabat yang hendak dilantik oleh presiden.

"Sekarang mau ke Istana, tunggu saja," ujarnya.

Lebih lanjut, Wiranto mengklaim kondisi kesehatannya juga sudah pulih usai menjadi korban penusukan di Banten pada Oktober 2019.

"Sekarang kan sudah ketemu anda berarti sehatkan. Nanti kita ketemu lagi," ujarnya.

Lebih dari itu, dia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendoakannya pulih dari luka tusuk. (fra/jps/osc)