Jasa Raharja Gaet Finnet Perluas Fitur Aplikasi JRku

Advertorial, CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 00:00 WIB
Jasa Raharja Gaet Finnet Perluas Fitur Aplikasi JRku Foto: Dok Jasa Raharja
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Jasa Raharja (Persero) menjalin kerja sama dengan  PT Finnet Indonesia untuk memperluas fitur aplikasi JRku dengan penyediaan layanan penerimaan multibiller dan merchant.

Keduanya juga melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang Kerja Sama Pemasaran Bersama Layanan Uang Elektronik Finpay Money dalam Komunitas Jasa Raharja di Aplikasi JRku. Penandatanganan kerja sama dilakukan Direktur Manajemen Risiko & Teknologi Informasi Jasa Raharja, M Wahyu Wibowo dan Direktur Utama Finnet, Paulus Djatmiko.

Direktur Manajemen Risiko & Teknologi Informasi Jasa Raharja, M Wahyu Wibowo mengatakan, dalam menghadapi tantangan di era digital, Jasa Raharja telah melakukan beberapa inovasi, salah satunya pada 3 Mei 2019, dengan meluncurkan aplikasi JRku. Aplikasi ini sudah dapat diunduh di Google Play Store untuk android dan App Store untuk iOS.


Menurutnya, JRku dapat bermanfaat bagi masyarakat karena dengan lewat aplikasi, masyarakat dapat mengajukan santunan secara online, mengecek masa berlaku SWDKLLJ kendaraan, masyarakat dapat melaporkan apabila ada kecelakaan alat angkutan umum dan kecelakaan lalu lintas yang terjadi serta memberikan informasi daerah rawan kecelakaan agar pengguna lain dapat berhati hati apabila melalui daerah tersebut.

Khusus bagi Perusahaan Otobus (PO) melalui aplikasi JRku, pihak Otobus dapat langsung menyetorkan iuran wajib yang dipungut dari penumpang.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan, semakin tingginya dinamika perubahan kebiasaan perilaku masyarakat Indonesia, khususnya dalam hal melakukan transaksi bisnis dan mobilitas dapat terlihat secara nyata di era revolusi industri 4.0 ini.

Untuk itu, Jasa Raharja menjawab tantangan di era digital tersebut dengan melakukan sinergi dengan PT Finnet Indonesia guna meningkatkan fitur layanan aplikasi JRku untuk memudahkan masyarakat dengan membungkus semua layanan dalam satu genggaman.

"Dengan adanya Perjanjian kerja sama ini, diharapkan fitur JRku dapat lebih memenuhi kebutuhan masyarakat dari sisi pembayaran dan finansial dengan adanya co-branding Finpay Money. Selain itu dari sisi provider PT Finnet Indonesia tentunya akan dapat menambah pasar yang lebih luas dengan menggandeng mitra bisnis untuk melakukan integrasi produk keuangannya," ujar Wahyu.

Adapun penambahan fitur JRku di antaranya untuk bayar tagihan dengan menggunakan co-branding Finpay Money dari Finnet sehingga masyarakat dapat melakukan pembelian pulsa, pembayaran telepon/internet, BPJS Kesehatan dan bahkan juga melakukan pembayaran Samsat Online Nasional (Samolnas) langsung dari aplikasi JRku.

Kedua, penambahan fitur transfer saldo, yaitu fitur untuk transfer uang antar sesama pengguna JRku, masih menggunakan fitur yang disediakan oleh Finpay Money dari Finnet sebagai bagian dari kerjasama co-branding.

Ke depan, lanjut Wahyu, pihaknya berharap akan dikembangkan banyak channel pembayaran baru dalam pembayaran IWKBU, di mana PT Finnet Indonesia akan menyediakan payment gateway service. Sehingga nantinya akan banyak channel pembayaran yang dibuka mulai dari pembayaran melalui kartu kredit, dompet digital, virtual account, bank-bank swasta, maupun pembayaran offline seperti melalui supermarket.

"Dengan adanya berbagai inovasi digital tersebut, maka diharapkan pelayanan Jasa Raharja akan semakin prima dan optimal sebagai bentuk kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya. (adv/adv)