Jokowi Tunjuk Wiranto Ketua Wantimpres: Pengalamannya Panjang

CNN Indonesia | Jumat, 13/12/2019 19:21 WIB
Jokowi Tunjuk Wiranto Ketua Wantimpres: Pengalamannya Panjang Wiranto ditunjuk menjadi ketua merangkap anggota dewan pertimbangan presiden di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan mengangkat Wiranto menjadi ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) periode 2019-2024. Ia menyebut Wiranto memiliki rekam jejak dan pengalaman yang panjang di pemerintahan.

"Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya saya kira sudah panjang di pemerintahan, menangani banyak masalah. Memberi nasihat dan pertimbangan kepada presiden," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12).

Selain Wiranto, Jokowi juga mengangkat politikus senior Golkar Agung Laksono, politikus senior PDIP Sidarto Danusubroto, Pemilik Grup Mayapada Dato Sri Tahir, Komisaris Utama PT Mustika Ratu Tbk, Putri Kus Wisnu Wardani.


Kemudian Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi, politikus senior PPP Muhammad Mardiono, pendiri Medco Group Arifin Panigoro, serta mantan Gubernur Jawa Timur Sukarwo alias Pakde Karwo.
Jokowi menyatakan mempertimbangkan rekam jejak anggota Wantimpres yang baru itu di bidang masing-masing. Menurutnya, sembilan anggota Wantimpres ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan dalam lima tahun ke depan.

"Saya kira beliau-beliau ini memiliki kapasitas untuk memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden baik diminta ataupun tidak minta. Saya kira beliau-beliau memiliki kapasitas," tuturnya.
[Gambas:Video CNN]

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut para anggota Wantimpres ini memiliki keahlian di bidang masing-masing, seperti bidang sosial, keagamaan, serta ekonomi.

"Ekonomi misalnya Pak Dato Tahir, misalnya yang berkaitan dengan ekonomi kecil Bu Putri. Campur-campur," ujarnya. (fra/ain)