Telat ke Pelantikan Wantimpres, Habib Luthfi Tampil Beda

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 14/12/2019 03:32 WIB
Dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Habib Luthfi yang kali ini mengenakan setelan jas formal datang paling akhir. Habib Luthfi dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Wantimpres di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12). (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia --
Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi langsung berjalan ke Ruang Utama Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12), untuk bergabung dengan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Habib Luthfi menjadi anggota Wantimpres yang datang terakhir ke acara pelantikan sore tadi.
Sementara anggota Wantimpres lainnya, seperti Wiranto, Agung Laksono, Dato Sri Tahir, Arifin Panigoro, Sidarto Danusubroto, Putri Kus Wisnu Wardani, Mardiono, serta Sukarwo sudah berdatangan sejak pukul 13.00 WIB.
Sambil menunggu kedatangan Habib Luthfi, sejumlah anggota Wantimpres berbincang di tengah ruang utama. Sementara Wiranto duduk lorong Istana Negara, ditemani Kepala BIN Budi Gunawan.
Agenda pelantikan sendiri dijadwalkan mulai pukul 14.30 WIB. Namun, sampai pada jadwal pelantikan, Habib Luthfi belum juga hadir. Agenda pelantikan mundur beberapa menit.
Habib Luthfi baru tiba di lokasi pelantikan sekitar pukul 14.50 WIB. Sembari tersenyum Habib Luthfi menyalami sejumlah anggota Wantimpres yang sudah bersiap dilantik.
Setelah itu semua anggota Wantimpres berbaris. Tak lama kemudian Presiden Jokowi masuk ke lokasi pelantikan dan kemudian mengambil sumpah para anggota Wantimpres periode 2019-2024.
Setelan Jas Habib Luthfi
Ada penampilan berbeda dari Habib Luthfi dalam pelantikan hari ini. Biasanya Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) kerap mengenakan baju koko atau gamis, peci, maupun sorban.
Namun, kali ini Habib Luthfi memakai setelan jas hitam, dasi berwarna merah, lengkap dengan peci hitam di kepala.
Usai pelantikan, ketua forum sufi dunia itu tertawa saat ditanya soal pakaian jas yang tak biasa dirinya pakai sehari-hari. Meskipun demikian, Habib Luthfi mengaku pernah memakai jas saat menikah.
"Ono-ono wae. Waktu pengantin pernah kok (pakai)," kata Luthfi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.
Ia tak menjawab mengapa dirinya bisa telat hadir di acara pelantikan ini. "Enggak usah tanya. Tanya sendiri sama jalan raya," ujarnya.
Habib Luthfi menyebut jabatan Wantimpres bukan lah sebuah kebanggaan, melainkan amanat dan tanggung jawab yang bukan sepele.
"Kita mensyukuri kalau berhasil. Bukan mensyukuri karena dilantik. Tapi mensyukuri, negara bangsa ini mesti percaya. Nah mampu tidak kita menjaga kepercayaan itu," katanya.
Pria yang lahir di Pekalongan itu mengaku tak memiliki alasan mengapa dirinya menerima posisi Wantimpres. Ia mengatakan hanya ingin mengambil peran untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara.
Presiden Jokowi dan Habib Luthfi memang memiliki kedekatan. Jokowi beberapa kali mendatangi acara yang dihelat Habib Luthfi di Pekalongan. Seperti Maulid Nabi Muhammad SAW pada 2017 dan Muktamar JATMAN pada 2018 lalu.
Selain itu Habib Luthfi juga pernah memberi tasbih ke Jokowi ketika bertemu di Hotel Fairmont, sebelum kampanye terakhir pada 13 April 2019. Ketika itu Habib Luthfi dan almarhum KH Maimoen Zubair bertemu dengan Jokowi.



(fra/rea)