Demokrat Ingatkan Wantimpres: Jangan Kerja Asal Jokowi Senang

CNN Indonesia | Sabtu, 14/12/2019 15:50 WIB
Demokrat Ingatkan Wantimpres: Jangan Kerja Asal Jokowi Senang Politikus Demokrat Irwan Fecho mengingatkan Wantimpres agar tidak bekerja asal Jokowi senang. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus Partai Demokrat Irwan Fecho mengingatkan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang baru dilantik agar tidak bekerja sekadar menyenangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, Wantimpres mempunyai tanggung jawab yang besar dalam memberikan nasihat kepada Jokowi dalam berbagai situasi.

"Tentunya Wantimpres punya tanggung jawab yang besar untuk berani memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden walaupun itu terasa pahit. Jangan asal bapak Presiden senang," kata Irwan dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/12).


Lebih jauh, dia mengaku menunggu kerja nyata dari Wantimpres dalam memberikan pertimbangan terkait beragam isu kepada Jokowi.

Salah satu pertimbangan Wantimpres yang ia nantikan terkait laju ekonomi yang terjebak di angka 5 persen sejak periode pertama Jokowi. Padahal, pertumbuhan ekonomi Indonesia naik dan terjaga hingga angka 6 persen pada era Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Selain itu, Irwan juga menantikan nasihat Wantimpres terkait masalah pengangguran, kesehatan, demokrasi, hak asasi manusia (HAM), serta solusi menghadapi ancaman perpecahan bangsa karena politik identitas.

"Menarik untuk diketahui itu adalah pascapelantikan nanti sejauh mana nasihat dan pertimbangan Wantimpres bisa diterima dan diamalkan Presiden, mengingat kondisi bangsa kita begitu banyak permasalahan yang harus diselesaikan," kata dia.

Namun begitu, ia berpendapat, tugas memberi nasihat dan pertimbangan kepada Jokowi jangan terlalu digantungkan kepada Watimpres saja.

Menurutnya, partisipasi publik yang tinggi untuk selalu memberikan kritik dan masukan kepada Jokowi adalah kunci keseimbangan serta keberhasilan bangsa Indonesia di hari mendatang.

Sebagai informasi, Jokowi melantik secara resmi sembilan anggota Wantimpres. Pelantikan Wantimpres dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/12) siang.

Pelantikan sembilan anggota Wantimpres periode 2019-2024 ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 137/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan dalam Keanggotaan Dewan Pertimbangan Presiden.

Sembilan orang yang diangkat menjadi anggota Wantimpres antara lain, Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Politikus senior Partai Golkar Agung Laksono.

[Gambas:Video CNN]

Kemudian Politikus senior PDIP Sidarto Danusubroto, Pemilik Grup Mayapada Dato Sri Tahir, Komisaris Utama PT Mustika Ratu Tbk, Putri Kuswisnu Wardani, Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Maulana Al-Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya alias Habib Luthfi.

Selain itu Politikus senior PPP Mardiono, pendiri Medco Group Arifin Panigoro, serta mantan Gubernur Jawa Timur Sukarwo alias Pakde Karwo.

(mts/sfr)