Anies Minta Wartawan Kerja Tak Hanya Lihat Medsos

CNN Indonesia | Senin, 16/12/2019 15:07 WIB
Anies Minta Wartawan Kerja Tak Hanya Lihat Medsos Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak langsung menjawab pertanyaan terkait kejadian tes pegawai honorer kategori 2 (K2) yang masuk ke dalam selokan di Jelambar, Jakarta Barat.

Awalnya Anies mengatakan tes pegawai honorer K2 masuk ke dalam got itu sudah terjadi pada pekan lalu. Ia pun heran mengapa masalah itu baru ramai sekarang ini.

"Itu sudah kejadian minggu lalu, kenapa baru pada sekarang [ditanyakan]," kata Anies kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (16/12).


Salah seorang wartawan merespons pernyataan Anies itu, dengan mengatakan peristiwa pegawai honorer K2 masuk ke got itu muncul di media sosial pada akhir pekan lalu.

"Kan [kejadian] itu baru muncul di media sosial Pak," ujar wartawan ke Anies.

Mendapatkan pernyataan tersebut, Anies pun menanggapi dingin. Bukannya menjawab, Anies malah meminta kepada wartawan bekerja tidak berdasarkan yang viral di media sosial.

"Jadi teman-teman bekerja jangan hanya lihat sosmed (media sosial). Belanja beritanya di sosmed ya," sindir Anies.

Setelah menyinggung wartawan yang menulis berita dari informasi yang viral di media sosial, Anies baru menjawab pertanyaan soal peristiwa tes pegawai honorer K2 masuk got.

Ia menyatakan sudah membebastugaskan Lurah Jelambar dan semua pihak yang terlibat dalam tes pegawai honorer K2 itu dengan masuk ke dalam selokan di Jelambar, Jakarta Barat.

Anies menjelaskan peristiwa tes pegawai honorer K2 masuk ke got itu terjadi pada pekan lalu. Ia mengaku langsung menginstruksikan Inspektorat Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan pemeriksaan.

Ketika itu, kata Anies, pihaknya langsung menonaktifkan lurah dan pejabat yang terlibat dalam tes tersebut.

"Hasil pemeriksaan sudah selesai dan mereka terbukti. Karena itu mereka akan dibebastugaskan. Kalau kemarin nonaktif, sekarang akan dibebastugaskan," kata Anies.

[Gambas:Video CNN]

Namun, Anies tak menjawab apakah tes semacam ini sudah terjadi lama sebelum kasus di Jelambar terungkap. Ia langsung buru-buru meninggalkan wartawan.

"Sudah cukup," ujarnya sembari terus berjalan.

(fra/kid)