Gara-gara Colosseum, Anies Copot Plt Kepala Dinas Pariwisata

CNN Indonesia | Selasa, 17/12/2019 12:10 WIB
Gara-gara Colosseum, Anies Copot Plt Kepala Dinas Pariwisata Plt Kepala Dinas Pariwisata DKI Alberto Ali dicopot Anies usai kasus Colosseum. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencopot Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Alberto Ali usai kasus penghargaan Adikarya Wisata bagi diskotek Colosseum.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta Chaidir menjelaskan posisi Alberto digantikan oleh Asisten Gubernur Perekonomian DKI Jakarta Sri Haryati.

"Ya [dicopot], diganti Ibu Asisten Perekonomian dan Keuangan Sri Haryati," kata dia saat dihubungi, Selasa (17/12).


Chaidir mengakui bahwa pergantian jabatan ini dilakukan karena dugaan kesalahan yang dilakukan pejabat sebelumnya dan terkait dengan penghargaan Adikarya Wisata bagi Colosseum.

"Ada dugaan kesalahan dalam menjalankan tugas. Dugaan atas kekeliruan dalam memberikan penghargaan," ungkap dia.

[Gambas:Video CNN]
Posisi Alberto diganti mulai per tanggal 16 Desember. Hingga kini, CNNIndonesia.com sudah mencoba menghubungi Alberto Ali namun belum dapat dikonfirmasi lebih lanjut terkait kondisi ini.

Sebelumnya, Disparbud DKI memberi penghargaan bagi Colosseum. Kritik terhadap jajaran Anies Baswedan pun mengemuka, termasuk dari FPI dan warganet. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kemudian mencabut penghargaan itu.

Alasannya, ada laporan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta bahwa Colloseum menjadi salah satu diskotek yang mendapat perhatian khusus karena kasus narkotika.

Selain itu, Anies juga sudah menginstruksikan Inspektorat DKI untuk memberikan sanksi berupa penonaktifan sementara bagi pejabat DKI yang terbukti lalai dalam pemberian penghargaan Adikarya Wisata ke diskotek Colosseum itu.

Inspektorat juga berencana memanggil tim penilai penghargaan untuk meminta katerangan detail mekanisme pemberian penghargaan.

(CTR/arh)