Polisi Usut Unsur Kesengajaan Batu bara Tumpah di Muara Berau

CNN Indonesia | Rabu, 18/12/2019 02:40 WIB
Polisi Usut Unsur Kesengajaan Batu bara Tumpah di Muara Berau Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mabes Polri membuka penyelidikan insiden batu bara tumpah dari kapal tongkang di perairan Muara Berau, Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (14/12) lalu.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan saat ini Ditpolair Polda Kaltim tengah berkoordinasi dengan otoritas setempat.

"Sedang berkoordinasi dengan pihak otoritas setempat, syahbandar tentunya untuk melihat peristiwa tersebut seperti apa," kata Asep di Mabes Polri, Selasa (17/12).


Penyelidikan itu, kata Asep, dilakukan untuk mengetahui penyebab batu bara tumpah dari kapal pengangkut. "Apakah ada unsur kesengajaan atau kecelakaan semata," ucap Asep.

Lebih lanjut, Asep memastikan tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. "Dari peristiwa ini tidak ada korban jiwa" ujarnya.

Rekaman peristiwa batu bara tumpah di perairan Muara Berau beredar di media sosial. Rekamannya disebar, sejumlah akun, termasuk akun Instagram @berauterkini.

Dari rekaman video itu tampak batu bara tumpah ke perairan disebabkan oleh pembatas samping kapal jebol. Tak hanya batu bara, dalam rekaman itu juga tampak satu unit buldoser.

"Belum ada keterangan resmi dari pihak terkait kapan kejadian ini terjadi, namun dari sejumlah warga Facebook mengatakan kejadian ini terjadi Sabtu (14/12/19) siang," demikian keterangan dalam unggahan @beraukini. (dis/wis)