Prabowo di Hari Bela Negara: Bangsa Asing Ingin Kita Terpecah

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 20/12/2019 09:04 WIB
Prabowo di Hari Bela Negara: Bangsa Asing Ingin Kita Terpecah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat berkunjung ke PT Pindad yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat, Rabu (6/11). (Dok. Humas Kementerian Pertahanan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengajak seluruh masyarakat bersedia terlibat dalam bela negara agar bangsa Indonesia tidak terpecah belah. Pernyataan itu disampaikan melalui Staf Khusus Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak.

"Bangsa asing tentu ada yang menginginkan kita terpecah belah untuk kepentingan mereka," kata Dahnil mengutip pernyataan Prabowo, Jakarta, Jumat (20/12).

Dahnil menyampaikan Prabowo berpesan agar seluruh warga negara Indonesia mau melakukan bela negara dengan memaksimalkan peran masing-masing sesuai dengan profesinya. Dia mengatakanorang bisa berkarya demi diri, keluarga dan bangsa.


"Tolak semua kebencian antar sesama, apalagi karena perbedaan sikap politik," kata dia.

Prabowo di Hari Bela Negara: Bangsa Asing Ingin Kita TerpecahPeserta pendidikan dan pelatihan bela negara berlatih fisik di Korem 162/WB di Mataram, NTB. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)
Terkait Hari Bela Negara yang jatuh pada Kamis (19/12), Kementerian Pertahanan menyampaikan saat ini Indonesia sedang menghadapi berbagai tantangan yang tidak mudah di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya hingga persoalan pertahanan dan keamanan.

"Tantangan-tantangan dan ancaman-ancaman yang kompleks tersebut membutuhkan persatuan dari kita semua, setiap anak negeri jangan pernah mau dipecah belah karena perbedaan sikap politik," kata Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo berencana memberikan pelatihan bela negara kepada ribuan calon pekerja migran. Pelatihan bela negara bagi para pekerja migran akan dilakukan menjelang keberangkatan para pekerja keluar negeri.

Kemenhan juga berencana mengumpulkan para Youtuber dan influencer di media sosial membantu program bela negara. Kemenhan menilai para pesohor dapat mengaplikasikan bela negara kepada masyarakat secara luas.

"Kami memang sudah merencanakan mengumpulkan para influencer, youtuber, artis," kata Dahni dalam kesempatan sebelumnya.

Dengan begitu, Dahnil mengatakan Kemenhan diharapkan pesan bela negara yang ingin disampaikan kepada masyarakat bisa diserap dengan baik jika melalui medium yang dipakai.

"Sahabat-sahabat kita tersebut memiliki kemampuan dan kelebihan menyampaikan pesan kepada rakyat kebanyakan," kata mantan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah tersebut.


[Gambas:Video CNN] (tst/pmg)