H-5 Natal, 50 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta via Cikampek

CNN Indonesia | Sabtu, 21/12/2019 16:28 WIB
Jasa Marga mencatat kendaraan yang keluar Jakarta lewat Gerbang Tol Cikampek Utama pada H-5 Natal mengalami peningkatan 50 persen dari arus lalu lintas harian. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 50 ribu kendaraan lebih telah meninggalkan Jakarta via Gerbang Tol Cikampek Utama pada H-5 Natal (20/12) berdasarkan data PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

"Jumlah ini meningkat lebih dari 50 persen dibandingkan lalu lintas harian normal sebanyak 33 ribu kendaraan, dan meningkat sebesar 63 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Faiza Riani, Sabtu (21/12).

Sampai 20 Desember 2019, jumlah kendaraan yang melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama masih sebesar 22 persen dari total jumlah prediksi semula.


Diprediksi masih terdapat 78 persen atau 182 ribu kendaraan yang akan melalui Gerbang Tol Cikampek Utama sampai 24 Desember.

Jasa Marga, kepolisian, dan Dinas Perhubungan Darat terus memantau lonjakan jumlah volume kendaraan melalui jalan tol untuk dapat mengambil tindakan rekayasa lalu lintas yang ditujukan untuk kenyamanan para pengguna Jalan Tol Trans Jawa.

Pihak Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Natal 2019 akan jatuh pada Sabtu ini.

Sebanyak 61 ribu kendaraan diprediksi akan melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama untuk menuju Jalan Tol Trans Jawa.

Jumlah itu meningkat 83 persen dari lalu lintas harian normal dan melonjak 28 persen dari periode yang sama pada 2018. (Antara/wis)