Akbar Tanjung Yakin Jokowi Tak Pakai Kekuasaan Bantu Gibran

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/12/2019 00:42 WIB
Politikus Golkar Akbar Tanjung yakin Jokowi tak akan menggunakan kekuasaannya untuk memenangkan Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo. Politikus Golkar Akbar Tanjung yakin Jokowi tak akan menggunakan kekuasaannya untuk memenangkan Gibran Rakabuming Raka di Pilwalkot Solo. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus senior Partai Golkar Akbar Tanjung menepis tudingan pencalonan putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka yang berniat maju dalam Pilwalkot Solo 2020 merupakan politik dinasti.

Akbar meyakini Presiden Joko Widodo tak akan menggunakan kekuasaannya untuk membantu memenangkan Gibran agar terpilih sebagai kepala daerah di Solo, Jawa Tengah pada Pilwalkot Aolo 2020.


"Saya yakin pak Jokowi tidak akan gunakan kekuasaan posisi sebagai presiden untuk mendorong publik memilih anaknya," kata Akbar di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/12).


Akbar berpandangan bahwa kualitas Jokowi tak mungkin rendahan hingga sampai harus turun tangan membantu anaknya memenangkan Pemilu. Jokowi, kata dia, sudah memiliki pengalaman panjang sebagai seorang pejabat publik.

"Mulai jadi walikota, gubernur sampai presiden. Biar berjalan secara alamiah kalau memang ada berminat politik, kenapa tidak?" kata dia.

Akbar Tanjung Yakini Jokowi Tak Pakai Kekuasaan Bantu GibranGibran daftar calon Wali Kota Solo. (CNN Indonesia/Damar Sinuko)
Akbar sendiri berpandangan banyaknya anak pejabat negara yang ikut berpolitik menandakan iklim demokrasi yang berjalan di Indonesia cukup dinamis.


Menurutnya demokrasi dan konstitusi yang dianut Indonesia saat ini sudah memberi peluang bagi tiap warga negara untuk berpartisipasi dalam kancah perpolitikan.

"Itu hak mereka sebagai warga negara siapa saja diberikan kesempatan," tambahnya.

Melihat peluang itu, Akbar memandang Jokowi pasti menyambutnya dengan baik dengan cara mempersilahkan Gibran mencalonkan diri sebagai Cawalkot Solo.

"Misalnya anak saya sjdah mulai tertarik untuk politik saya kasih saran kepada anak saya. Tentu Jokowi sbagai presiden kalau punya anak masuk politik sbagai orang tua tentu mempersilahkan kalau ada yang terpanggil," kata dia.


[Gambas:Video CNN] (rzr/pmg)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK