Lalu Lintas Kondusif, Contraflow Tol Japek Sudah Ditutup

CNN Indonesia | Rabu, 25/12/2019 12:52 WIB
Jasa Marga sempat memberlakukan contraflow untuk mengurai kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek dalam arus balik Natal 2019. Ilustrasi contraflow tol Jakarta-Cikampek. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jasa Marga memberlakukan contraflow secara situasional untuk mengurai kemacetan di jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dalam arus balik Natal 2019. Contraflow diberlakukan sejak pukul 09.55 WIB atas diskresi kepolisian kepada Jasa Marga di tol Japek Km 47 s.d. Km 61 arah Cikampek.

Kendati demikian, lalu lintas Jalan Tol Japek arah Cikampek saat ini dilaporkan terpantau ramai lancar. Sehingga pada pukul 10.25 WIB Jasa Marga menutup rekayasa lalu lintas contraflow.

"Contraflow yang sebelumnya diberlakukan sejak pukul 09.55 WIB, mulai dari Km 47 s.d. Km 61 ditutup pukul 10.25 WIB," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwiman Heru dalam keterangan resmi, Rabu (25/12).


Dalam keterangan sebelumnya, Dwiman mengatakan, "Dengan diberlakukannya contraflow ini diharapkan dapat menjadi kapasitas satu lajur tambahan sehingga kepadatan di titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di Km 48 dapat terurai."

Jasa Marga memprediksi sebanyak 338 ribu akan memadati jalan tol Japek saat arus balik Natal 2019 menuju Jakarta. Jumlah ini meningkat sekitar 43% dari lalu lintas normal yang hanya 234 ribu kendaraan.

Menurut Jasa Marga, para pemudik ini akan masuk lewat sejumlah gerbang tol, baik dari arah Timur seperti Cikampek Utama dan Kalihurip Utama, dari arah Barat seperti gerbang tol Cikupa, atau Selatan melalui gerbang tol Ciawi.

Arus balik Natal 2019 itu, lanjut Jasa Marga terutama akan memenuhi tol Japek dalam dua hari pada tanggal 25-26 Desember. Sementara, puncaknya akan berada di gerbang Tol Cikampek Utama. Jasa Marga memprediksi jumlahnya hingga 98 ribu, naik 97% dari jumlah normal yang hanya 50 ribu kendaraan.

[Gambas:Video CNN]

Untuk membantu kelancaran arus lalu lintas, Jasa Marga oleh karena itu menyiapkan langkah antisipasi dengan menambah unit mobile reader dan jalan Tol Japek II Elevated. Jasa Marga juga menambang tiga unit gardu akses menyerong di Gerbang Tol Cikunir 6 untuk para pemudik.

Jasa Marga menghimbau kepada para pengendara agar menjaga kondisi badan dalam keadaan prima sebelum berkendara. Untuk pengendara di jalan, Jasa Marga menghimbau untuk menjaga jaga jarak aman.

"Jaga jarak aman kendaraan serta pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik Anda," lanjut Dwiman, dalam keterangan resmi.

(thr/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK