FOTO: Natal ke-8 di Luar Istana, Protes Jemaat pada Negara

Adhi Wicaksono, CNN Indonesia | Rabu, 25/12/2019 21:52 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Jemaat GKI Yasmin Bogor dan HKBP Filadelfia Bekasi mengikuti perayaan Natal di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/12).

Jemaat GKI Yasmin Bogor dan HKBP Filadelfia Bekasi mengikuti ibadah perayaan Natal di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (25/12). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dalam perayaan itu para jemaat meminta pemerintah mengambil langkah konkret agar pembangunan gereja jemaat di dua kota tersebut dapat dilanjutkan dan dipakai untuk beribadah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Natal kali ini adalah tahun kedelapan mereka melakukan ibadah di seberang Istana sebagai protes karena dipersulit membangun rumah ibadah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Perayaan ibadah Natal 2019 oleh jemaat GKI Yasmin Bogor dan HKBP Filadelfia Bekasi kali ini diikuti puluhan orang: mulai anak-anak, remaja, dan dewasa. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pembangunan rumah ibadah jamaat GKI Yasmin Bogor dan HKBP Filadelfia Bekasi belum mendapatkan kejelasan. Sejak 2008 pendiriannya terus dilempar tanggung jawabnya ke sini kemari oleh pemerintah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Kedua gereja sebenarnya telah memenangkan putusan hukum dari Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2011. Mereka telah dinyatakan memiliki hak membangun dan menggunakan gereja.  (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pemkot Bogor dianggap membiarkan kelompok intoleran yang tak menghendaki IMB pendirian GKI Yasmin. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sementara jemaat HKBP Filadelfia diketahui harus berpindah-pindah tempat ibadah setelah massa mengepung lokasi pembangunan gerja pada Januari 2010 silam. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Misa di seberang Istana Kepresidenan merupakan cara jemaat dari Bekasi dan Bogor mendesak pemerintah daerah masing-masing yang menolak melepas segel di rumah ibadah mereka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Aparat kepolisian menjaga ketat aksi perayaan Natal 2019 di seberang Istana Negara, Jakarta. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)