Kaleidoskop 2019

FOTO: Ragam Peristiwa Penting di Indonesia 2019

CNN Indonesia, ANTARA FOTO, AFP PHOTO, AP PHOTO, CNN Indonesia | Senin, 30/12/2019 09:03 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- 2019 adalah tahun politik di mana Pileg dan Pilpres berlangsung serentak pada 17 April. Berikut foto pilihan peristiwa penting di Indonesia sepanjang tahun ini.

Kericuhan terjadi antara demonstran yang menggelar aksi unjuk rasa dengan aparat kepolisian yang berjaga di sekitar kawasan gedung Bawaslu, Jakarta, 25 Mei 2019. Unjuk rasa dilakukan pascpengumuman penetapan hasil rekapitulasi nasional hasil Pilpres 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Prosesi pemakaman jenazah istri dari Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, 2 Juni 2019. Ibu negara periode 2004-2014 itu wafat pada usia 67 di Singapura setelah bertahan mengobati sakit kanker pada 1 Juni 2019. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Presiden Jokowi menerima terpidana kasus pelanggaran UU ITE Baiq Nuril Maknun di Istana Bogor, 2 Agustus 2019. Presiden menyaksikan Menkumham Yasonna H Laoly menyerahkan salinan petikan Keppres Amnesti ke Baiq Nuril yang menjadi terpidana padahal merupakan korban dugaan pelecehan. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Firli Bahuri menjalani uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan KPK di ruang rapat Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, 12 September 2019. Pria yang kini berpangkat Komisaris Jenderal Polisi itu telah dilantik Presiden Jokowi untuk memimpin KPK periode 2019-2023. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/ama.)
Prosesi penyerahan jenazah Presiden ke-3 RI BJ Habibie kepada Negara dengan upacara militer di rumah duka yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Teknokrat itu wafat pada 11 September 2019 setelah menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto pascakondisi kesehatannya menurun. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Sebuah toko terlihat terbakar di tengah kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, 23 September 2019. Kerusuhan terjadi diduga berawal dari kabar ucapan bernada rasialisme oleh guru terhadap murid sekolah. (AP Photo)
Ribuan mahasiswa yang menolak pengesahan RKUHP dan RUU kontroversial lain di ujung masa DPR periode 2004-2019 terlibat bentrok dengan polisi saat berunjuk rasa di depan kompleks parlemen, Jakarta, 24 September 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Menko Polhukam Kabinet Indonesia Kerja, Wiranto (kedua kiri), diserang orang tak dikenal yang kemudian diketahui masuk jaringan teroris saat sedang berkunjung ke Pandeglang, Banten, 10 Oktober 2019. (ANTARA FOTO/Dok Polres Pandeglang/foc)
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan sumpah saat dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, 20 Oktober 2019. Jokowi kembali memimpin Indonesia setelah terpilih dalam Pilpers 2019. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, 23 Oktober 2019. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Foto aerial proyek Tol Balikpapan-Samarinda yang akan menjadi salah satu akses masuk ke ibu kota negara baru di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Presiden Jokowi mengumumkan wilayah ibu kota negara baru akan mengambil sebagian kawasan Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Petugas gabungan dari SAR Pagaralam, TNI, Polri, BPBD dan Tagana melakukan evakuasi Bus Sriwijaya rute Bengkulu - Palembang yang mengalami kecelakaan di Liku Sungai Lematang, Prahu Dipo, Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, Rabu (25/12/2019). ANTARA FOTO/HO/Basarnas Palembang/FS/aww.
Tersangka pelaku penyiraman air keras Penyidik KPK Novel Baswedan dibawa petugas untuk dipindahkan ke Bareskrim Mabes Polri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (28/12/2019). Polisi berhasil mengamankan dua pelaku yang merupakan anggota Polri aktif dengan insial RM dan RB. ANTARA FOTO/Abdul Wahab/foc.