Polisi Antisipasi Kepadatan Wisatawan di Bali Saat Tahun Baru

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 28/12/2019 09:42 WIB
Polisi Antisipasi Kepadatan Wisatawan di Bali Saat Tahun Baru Ilustrasi perayaan Tahun Baru. (Foto: iStock/Nikada)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengalihan arus lalu lintas bakal diberlakukan di tiga titik di Bali guna mengantisipasi penumpukan kendaraan jelang perayaan Tahun Baru 2020.

Menurut perkiraan Korps Lalu Lintas Polri hingga Jumat (27/12) saja, kendaraan wisatawan lokal yang hilir mudik di kawasan ini mencapai 18 ribu. Angka tersebut belum termasuk kendaraan wisatawan domestik dan internasional yang masuk ke Bali melalui perjalanan udara.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono membeberkan tiga titik yang diprediksi rawan kemacetan itu antara lain Kuta, Denpasar dan kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK).
"Di Kuta nanti diberlakukan satu arus dan penutupan mulai pukul 4 sore sampai saat malam pergantian Tahun Baru. Jadi nanti harus clean, tidak ada kendaraan yang masuk di wilayah Kuta ini," kata Istiono melalui keterangan tertulis.


"Ini juga sudah dipersiapkan di titik-titik, baik personel, area parkir, area sarana dan prasarana wisatawan yang menuju ke sini. Kemudian, di Denpasar juga demikian dan di GWK juga demikian," sambung dia lagi.

Istiono mengatakan telah menyusun perencanaan pengamanan secara optimal. Ia mengatakan menyiagakan 950 personel khusus satuan lalu lintas di tiga kawasan tersebut, dengan rincian sebanyak 400 personel untuk mengurai kemacetan di Kuta, 350 personel diterjunkan di Denpasar dan, 200 personel di kawasan GWK.

"Kemungkinan pada malam Tahun Baru cukup padat di sini [Bali]. Harapannya para wisatawan mengetahui situasi di sini. Dan kami dari kepolisian telah menyiapkan rencana-rencana pengamanan secara maksimal," tambah Istiono.

[Gambas:Video CNN] (nur/rea)