Tahun Baru di Jakarta: Nikah Massal, Lenong dan Soneta

CNN Indonesia
Senin, 30 Dec 2019 14:42 WIB
Pemprov DKI Jakarta menyediakan kantong parkir untuk 34 ribu kendaraan di kawasan Jakarta Pusat pada malam tahun baru. Ilustrasi perayaan tahun baru (iStock/Nikada)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan sejumlah pihak mengadakan acara di malam tahun baru. Tak hanya satu, ada sejumlah acara yang dapat dihadiri oleh masyarakat untuk menutup tahun 2019.

Pertama adalah acara di Spot Budaya Dukuh Atas yang dimulai dari pukul 16.00 - 00.30 WIB. Acara ini akan diisi oleh atraksi kebudayaan seperti Gambus Zakiya, Gambang Kromong, Tarlan Selamat Datang dan Fashion Show Abang None Jaksel. Kemudian ada Lantun Orkestra, Band Biang Kerok serta Pesona Lenong Bang Burhan.

Acara kedua Nikah Massal dan Itsbat Nikah di Halaman Gedung Balai Kota yang dimulai dari pukul 17.00 WIB. Akan ada sekitar 600 pasangan yang melangsungkan pernikahan di kegiatan ini. Kegiatan ini diisi pula dengan kegiatan marawis dan gambus.


Acara ketiga yang bisa dinikmati masyarakat ialah Car Free Night di sepanjang Jalan M.H Thamrin hingga Spot Budaya Dukuh Atas. Acara akan dimulai pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB.

Kelima, masyarakat juga bisa menyaksikan acara di Pintu Barat Daya Monas dan Jalan Wahid Hasyim di depan Gedung Jaya. Kedua acara ini dimulai pukul 17.00 WIB hingga 24.00 WIB dan dimeriahkan oleh penampilan budaya.

Selanjutnya, acara Musik Tepi Barat dan Tepi Timur yang tersebar di sejumlah titik, yakni Spot Budaya Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Gedung Bawaslu, Trotoar depan Pertamina Lubricant dan Wisma Mandiri Syariah yang dimulai pukul 17.00-24.00 WIB.

Terakhir, acara puncak ialah di Area Bundaran HI pukul 19.00-00.30 WIB. Acara ini akan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Acara ini akan dihadiri oleh Soneta Group dan artis dangdut Ibu Kota.
[Gambas:Instagram]
Siapkan Parkir untuk 34 Ribu Kendaraan


Demi memudahkan masyarakat yang ingin menghadiri rangkaian acara perayaan tahun baru, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan puluhan ribu kendaraan. Semuanya berada di sekitar Jakarta Pusat di 37 titik.

"Ada 37 titik kantong parkir yang kita sediakan," kata Syafrin saat dihubungi, Senin (30/12).

Adapun daftar kantong parkir yang disediakan ialah di Plaza Indonesia, Wisma Nusantara dan Hotel Pullman, Wisma Antara, Jakarta Theater, Gedung Jaya dan IRTI Monas. Kemudian Komplek Gedung MidPlaza, Plaza Permata, Wisma Mandiri, Plaza BII, Menara Sudirman, Gedung Artaloka dan Wisma BNI 46.

Kantong Parkir selanjutnya tersedia di Menara BDN, Gedung Menara Multimedia, Point Cafe, Gedung Sapta Pesona, Gedung Indosat, Kementerian ESDM, Gedung Wisma 46 dan The City Tower.

Selanjutnya di Grand Indonesia, UOB Plaza, Gedung The Landmark, Graha Mandiri/Mandiri Syariah, Jalan Kebon Kacang on street, Gajah Mada Plaza, Duta Merlin Plaza, Monas Stasiun Gambir dan Gedung Sarinah.

"Ada juga di Jalan Imam Bonjol on street, Lembaga Ketahanan Nasional, Perpustakaan Nasional RI, Kementerian Perdagangan RI, Unika Atmajaya, Parkir Timur Senayan dan Kementerian PAN RB," jelas Syafrin. dia.

Dari puluhan titik kantong parkir tersebut, tersedia slot parkir mobil sebanyak 21.259 dan parkir motor sebanyak 13.128 parkir motor. Total keseluruhan 34.387 parkir.

Meski begitu, Syafrin menegaskan bahwa kebijakan Ganjil Genap di tanggal 31 Desember akan tetap dijalankan.

"Ganjil genap tetap, hanya saja jam 17.00 WIB mulai ada penutupan Jalan Sudirman Thamrin-Merdeka Barat sampai Majapahit, masyarakat kita minta gunakan transportasi umum," kata dia.
[Gambas:Video CNN]

(ctr/bmw)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER