Elegi Simon Redam Hasrat Kumpul Tahun Baru Bareng Keluarga

CNN Indonesia | Selasa, 31/12/2019 20:58 WIB
Elegi Simon Redam Hasrat Kumpul Tahun Baru Bareng Keluarga Petugas kebersihan melanjutkan tugasnya menyiapkan kawasan Bundaran HI untuk bisa menjadi lokasi pesta pergantian tahun di Jakarta, Selasa (31/12). (CNN Indonesia/Yogi Anugrah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) mulai reda pukul 18.00 WIB. Para pedagang jas hujan yang sebelumnya berkeliaran, satu demi satu menghilang. Pesta perayaan Tahun Baru tinggal menghitung jam saja.

Pelan-pelan, suasana di sekitar landmark Jakarta itu bergeliat lagi. Aparat gabungan yang sempat menepi di bawah hujan, kembali berkeliaran untuk berjaga-jaga.

Pengalihan lalu lintas selepas hujan mulai diterapkan. Panggung utama perayaan Tahun Baru telah siap di area Bundaran HI. 


Simon, petugas Satpol PP yang bertugas mengamankan Tahun Baru di Bundaran HI terlihat sedang menenteng empat nasi kotak di tangan kirinya. 

Empat nasi kotak itu untuk dirinya dan tiga rekannya yang kebagian jatah piket tahun baru. Sambil menenteng nasi kotak, Simon sesekali mendengarkan walky talky yang ia selipkan di bahu kirinya.

"Tadi habis ikut bantuin teman yang lain mengatur-ngatur, mau makan, tapi sudah hujan," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Selasa (31/12).

Tahun Baru bersama keluarga terasa asing bagi Simon. Sebab, sudah beberapa tahun terakhir dia kedapatan jatah bertugas di malam Tahun Baru.

"Sudah 19 tahun saya di Jakarta Pusat, ya kira-kira setiap tahunnya bertugas saat malam tahun baru," ucap dia.

Biasanya, ia dan petugas lain sudah bersiap sejak siang hari hingga tengah malam saat acara usai. Tuntutan pekerjaan membuatnya tidak bisa berkumpul bersama keluarga merayakan momen pergantian tahun.

Jauh di lubuk hatinya, pria berusia 51 tahun itu memiliki keinginan untuk berkumpul bersama keluarganya saat Tahun Baru. Namun keinginan itu harus puas berhenti di angan-angan. Tugasnya menjaga ketertiban dan keamanan lebih utama. Dan Simon tak pernah menyesalinya.

"Ya manusiawi, pasti ingin, tapi kan kita bertugas, tuntutan tugas, kita harus siap," kata dia.

Simon tak tinggal di Jakarta. Rumahnya di kawasan Bogor, Jawa Barat. Dia bolak balik ke kantor mengendarai sepeda motor. 

Setelah acara perayaan Tahun Baru, ia mengaku tidak akan langsung pulang ke rumah. Biasanya, Simon beristirahat terlebih dahulu di Kantor Satpol PP.

[Gambas:Video CNN]
"Saya rumahnya di Bogor, naik motor, jadi istirahat dulu di kantor sebelum pulang," kata dia.

Perayaan Tahun Baru di Jakarta dipusatkan di kawasan Sudirman, Thamrin, hingga Monas. Di titik-titik itu Pemprov DKI menyelenggarakan sejumlah acara mulai dari nikah massal hingga pentas budaya.

Sejak siang, panggung-panggung sudah didirikan. Hujan deras yang sempat mengguyur Jakarta, tak menghentikan persiapan panitia menggelar pesta Tahun Baru.

Diperkirakan puluhan ribu orang akan tumpah di sepanjang Sudirman, Thamrin, dan Monas. Jakarta sudah siap menyambut detik-detik pergantian tahun.

Simon, aparat gabungan dari Polri, TNI kembali melanjutkan tugasnya di sekitar kawasan Bundaran HI.

"Kita berjaga sampai acara usai," kata Ardi, salah seorang petugas dari Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. (yoa/wis)