Antisipasi Bencana, Alat Berat Disiagakan di Puncak

CNN Indonesia | Selasa, 31/12/2019 22:51 WIB
Antisipasi Bencana, Alat Berat Disiagakan di Puncak ilustrasi puncak. ( ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menyiagakan sejumlah alat berat dan satgas bencana di sejumlah titik di Puncak, Bogor, Jawa Barat dan sekitarnya di malam tahun baru 2020. Hal itu dilakukan demi mengantisipasi bencana.

"Semua alat berat disiapkan. Satgas bencana dari Brimob sudah siap dengan peralatan dan personelnya oleh satgas bencana dipimpin Brimob. Ada tiga titik di Gadog, Gunung Mas dan Puncak," ucap Kakorlantas Mabes Polri Irjen Istiono melalui keterangan tertulis, Rabu (31/12).

Antisipasi dilakukan mengingat kawasan Bogor diguyur hujan sejak sore hingga malam hari. Terlebih, tidak sedikit pula masyarakat yang merayakan pergantian tahun di kawasan Puncak, Bogor.


Tak hanya itu, kepolisian juga menyiagakan banyak personel untuk menjaga ketertiban di malam tahun baru. Semuanya dilengkapi dengan peralatan yang dibutuhkan.

"Personel dilengkapi jas hujan dan unit kesehatan siap di atas sana. Termasuk satgas lain dari Brimob di jalur ini," imbuh Istiono.

Istiana lalu meminta masyarakat agar tidak berlebihan dalam merayakan pergantian tahun di kawasan Puncak, Bogor. Dia meminta agar senantiasa waspada.

Merujuk dari informasi yang diberikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan bisa terus mengguyur kawasan Puncak. Kabut malam pun akan turun di waktu dini hari.

"Bijak dalam merayakan tahun baru. Tidak perlu berlebihan hura hura merugikan diri sendiri dan orang lain," kata Istiono.

Sejauh ini, jalur Puncak sendiri sudah ditutup. Kendaraan bermotor sudah tidak bisa melewati jalur tersebut, baik roda dua mau pun roda dua. Car free night akan berlangsung hingga Pukul 06.00 WIB, Kamis (1/1/2020).

"Dari Jakarta ke atas enggak bisa. Masyarakat lokal aktifitas masih bisa," imbuh Istiono. (mts/age)