Jokowi Bertemu Prabowo di Awal 2020: Tamu Besar Pertama

CNN Indonesia | Rabu, 01/01/2020 13:36 WIB
Presiden Jokowi mengawali tahun baru 2020 dengan pertemuan bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Rabu (1/1). Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto bertemu di Istana Yogyakarta di awal tahun. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
, CNN Indonesia -- Presiden Joko widodo (Jokowi) mengawali tahun baru 2020 dengan pertemuan bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Rabu (1/1).

"Tahun baru 2020, Pak Prabowo adalah tamu besar pertama yang saya terima. Alhamdulillah tadi bicara banyak hal, baik yang berkaitan dengan urusan keluarga, tapi lebih banyak urusan negara," kata Jokowi dikutip dari siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/1).

Dalam siaran itu, terlihat Prabowo datang bersama anaknya, Didit Hediprasetyo. Sementara, Jokowi ditemani puteranya Kaesang Pangarep, yang mengenakan setelan kemeja putih pendek dan celana panjang berwarna coklat.


Kepada wartawan, Prabowo lantas mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang menyamempatkan waktu luang untuk bertemu di tengah kesibukan.

Prabowo mengatakan maksud kedatangannya adalah untuk mengucapkan selamat tahun baru. Karena belakangan ia sering pergi keluar negeri dan beberapa pekan tidak bertemu dengan Jokowi, Prabowo mengaku menyelipkan pula laporannya terkait bidang tugas Kemenhan.

[Gambas:Video CNN]

"Di sela-sela ucapan selamat melaporkan perkembangan di bidang saya dan alhamdullilah sudah disampaikan, dan di waktu yang akan datang beliau kasih waktu lagi untuk lebih dalam, lebih rinci membahas langkah-langkah ke depan, sekian tahun," kata Prabowo.

Ketua umum Partai Gerindra ini menjelaskan bahwa Jokowi memiliki langkah besar yang siap lakukan. Ia optimistis prospek ke depan sangat bagus karena didukung strategi dan kondisi yang baik.

"Beliau punya langkah-langkah strategis, saya optimis [secara] pribadi tahun depan dan tahun yang akan datang, walaupun kerja keras ya, Pak. Terima kasih pak, selamat tahun baru," ucap Prabowo.

Setelah itu, Prabowo menampilkan gestur hormat ala tentara kepada mantan rivalnya di Pilpres 2019 itu. Jokowi menyodorkan tangannya untuk bersalaman. Prabowo menyambutnya dengan salaman erat dua tangan.

Ketua Umum Partai Gerindra itu juga kemudian membalik ke belakang, menyalami Kaesang. Putra bungsu Jokowi itu kemudian membungkuk menyalami Prabowo. 

Tak ketinggalan, Didit, yang mengenakan jas dan kemeja biru muda, mendekati Jokowi dan menyalaminya dengan membungkuk. 

Jokowi dan Kaesang kemudian mengantarkan kedua ayah-anak itu hingga tepi tangga depan Istana.

[Gambas:Youtube] (adp/arh)