Banjir Seatap, Warga Kemang Ifi Bekasi Butuh Perahu Karet

CNN Indonesia | Rabu, 01/01/2020 15:48 WIB
Warga di perumahan Kemang Ifi Graha Bekasi membutuhkan perahu karet untuk melakukan evakuasi terutama anak-anak dan lansia. Banjir melanda sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya saat awal tahun 2020. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- 'Banjir tahun baru' menerjang Perumahan Kemang Ifi Graha/Angkatan Laut Sinar Pondok Benda, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (1/1).

Salah satu warga Perumahan Kemang Ifi Graha, Gusti (27) mengatakan air mulai menggenangi kompleks sejak pukul 11.30 WIB. Kini, kata Gusti, ketinggian air sudah hampir sampai seatap rumah.

"Sekompleks (ketinggian air), sudah seatap. Air kiriman dari Bogor," kata Gusti kepada CNNIndonesia.com.


Gusti menyatakan saat ini para warga sedang mengevakuasi para keluarga dan juga benda berharga. Namun, ia menyebut warga kesulitan lantaran kekurangan perahu karet.

Gusti menyebut masih banyak warga, terutama lansia yang terjebak di dalam rumah. Ia pun meminta instansi terkait segera mengirimkan bantuan perahu karet.

Menurutnya, saat ini baru ada sekitar dua perahu karet milik RW setempat untuk mengevakuasi para warga yang bertahan di rumah masing-masing.

"Belum dapat bala bantuan, perahu karet stock-nya sedikit cuma satu atau dua, itu pun bukan dari Tim SAR," ujarnya.

Gusti menyatakan puluhan kendaraan mobil maupun motor milik warga juga ikut terendam.

Warga lainnya, Glen (31) mengatakan membutuhkan bantuan perahu karet untuk mengevakuasi kakeknya yang berusia 92 tahun dari rumahnya. Menurutnya, air sudah masuk sampai ke lantai dua rumahnya.

"Butuh bantuan perahu karet. Mau evakuasi kakek yang berusia 92 tahun," kata Glen kepada CNNIndonesia.com.

[Gambas:Video CNN]
Saat ini, kata Glen pihaknya masih mencoba menghubungi instansi terkait untuk meminta bantuan perahu karet.

Banjir menerjang sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya, termasuk Kota Bekasi. Air mulai meninggi sejak pagi setelah hujan yang mengguyur sepanjang sore kemarin hingga dini hari tadi.

Banjir di Jakarta dan sekitarnya terjadi akibat luapan air setelah hujan tanpa henti terjadi sejak Selasa petang pada 31 Desember 2019. Luapan air kemudian melanda sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya pada awal 2020 ini.

(fra/kid)