BMKG: Potensi Hujan Lebat dan Rendah Sampai Seminggu ke Depan

CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 02:07 WIB
BMKG mengatakan potensi curah hujan tinggi masih menghantui kawasan Jakarta dan sekitarnya sampai sepekan ke depan karena saat ini belum puncak musim hujan. Ilustrasi cuaca buruk. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan potensi hujan lebat masih menghantui kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) sampai sepekan ke depan.

"Potensi hujan rendah dan hujan lebat masih ada sampai seminggu ke depan," tutur Kepala Pusat Meteorologi Publik Fachri Radjab di kawasan Monas, Jakarta, Rabu (1/1).

Pasalnya, kata Fachri, wilayah Jabodetabek saat ini belum memasuki puncak musim hujan. Sehingga masih ada potensi hujan yang lebih deras dalam beberapa hari ke depan.


Ia juga mengingatkan pada 5 sampai 6 Januari kondisi air laut akan mengalami pasang.

"Jadi kita masih awal [musim hujan]. BMKG akan menginformasikan warning itu tiga jam sebelum kejadian," tambahnya.

[Gambas:Video CNN]
Sejumlah wilayah DKI Jakarta tergenang air dan banjir sejak Selasa (31/12) malam kemarin. Kurang lebih sejak pukul 16.00 Selasa kemarin hujan mengguyur Jakarta tanpa henti sampai saat ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kejadian ini telah membuat lebih dari 19 ribu jiwa mengungsi.

Setidaknya ada 9 orang korban tewas akibat banjir di Jabodetabek yang sudah tercatat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

(fey/arh)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK