FOTO: Malam Sunyi Pengungsi Menanti Banjir Pergi

CNN Indonesia/Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Kamis, 02/01/2020 12:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan sejumlah wilayah di Jakarta Selatan terendam banjir sehingga warga pun berbondong-bondong mengungsi.

Tahun baru 2020 ditandai oleh banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jabodetabek. Salah satunya di Kemang Utara, Jakarta selatan, yang membuat sejumlah warga mengungsi ke posko pengungsian dan kompleks ruko terdekat. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Hujan dengan intensitas tinggi terjadi hampir 12 jam dan membuat warga panik ketika bangun pagi mendapati air sudah memasuki rumah. Dari data BNPB, tercatat 63 titik banjir di wilayah DKI Jakarta dan secara keseluruhan terdapat 169 titik banjir untuk Jabodetabek dan Banten. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Banjir juga melanda rumah sejumlah warga di Bina Warga, Rawajati, Jakarta Selatan, sehingga para penghuninya mengungsi. Data posko banjir Jakarta mencatat lebih dari 31 ribu orang mengungsi akibat banjir tahun baru ini. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Hingga malam hari petugas masih melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak di rumah mereka. Banyak dari mereka terjebak di rumah dengan bayi, balita, atau lansia sehingga membutuhkan pertolongan cepat. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Sejumlah warga terdampak banjir di Jalan Kemang Utara mengungsi di posko pengungsian, dan kompleks ruko terdekat. Beberapa warga mengatakan banjir ini termasuk salah satu banjir terbesar selama 10 tahun terakhir. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Bukan hanya memikirkan rumah dan barang-barang yang terkena banjir, para pengungsi juga harus menjaga diri agar tidak terkena penyakit akibat banjir. Salah satu yang harus diwaspadai adalah hipotermi, atau suhu tubuh yang turun secara drastis. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Penyakit saluran pernapasan seperti flu, radang paru, tuberkulosis juga harus diwaspadai pengungsi banjir, demikian pula penyakit kulit dan pencernaan yang berpotensi menyerang. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Setiap lokasi pengungsian juga harus dilengkapi dengan berbagai obat-obatan yang mendukung, di antaranya antibiotik untuk anti diare, obat kulit, ada obat-obatan juga untuk gejala batuk atau sesak saluran pernapasan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ada 169 titik banjir di seluruh wilayah Jabodetabek dan Banten, dengan terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat 97 titik, DKI Jakarta 63 titik dan Banten 9 titik. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
BPNB juga mencatat korban meninggal dunia bencana banjir di Jabodetabek mencapai 16 orang, dengan tiga di antaranya lansia yang terkena hipotermi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Hingga Kamis (2/1) siang, banjir belum teratasi sepenuhnya, terutama di Bekasi dan Jakarta Selatan. Masih terdapat warga yang terjebak di bagian atas rumah menunggu evakuasi petugas. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Hujan dengan intensitas tinggi diperkirakan akan terjadi lagi hari ini, sehingga warga diimbau untuk mengantisipasi seandainya banjir melanda lagi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)