Anggota TGUPP Anies soal Cegah Banjir: Tangkap Air Hujan

CNN Indonesia | Sabtu, 04/01/2020 14:15 WIB
Anggota TGUPP Anies soal Cegah Banjir: Tangkap Air Hujan Suasana usai banjir di Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) DKI Jakarta, Muslim Muin, meminta warga DKI Jakarta menangkap air hujan untuk mencegah banjir di Jakarta. Menurutnya tindakan menangkap air itu bagian dari konsep naturalisasi sungai yang diusung Anies.

Muslim menjelaskan warga seharusnya menyediakan lahan resapan di rumah masing-masing untuk menahan air. Air hujan harus ditahan di rumah mereka hingga terserap ke dalam tanah.

"Itulah yang dibilang Gubernur Anies naturalisasi: tangkap, gunakan, resapkan, sisanya baru buang. Tangkap hujan, gunakan air hujan, resapkan air hujan, sisanya baru buang. Itu namanya naturalisasi, itu," kata dalam diskusi di posko pengungsian Bidara Cina, Jakarta, Sabtu (4/1).


Muslim mengaku sebagai orang yang menyarankan konsep naturalisasi ke Anies. Ia pun menunjukkan video ke awak media konsep itu telah berhasil ia terapkan di rumahnya sendiri.


Berdasarkan pendapat Muslim, solusi mengatasi banjir di Jakarta adalah mengurangi debit air di sungai. Sehingga konsep naturalisasi ini harus diterapkan dari hulu hingga hilir.

"Bagaimana kita mengurangi debit banjir itu? Tangkap hujannya, tidak hanya di sini, di sono tuh, di Puncak, di Bogor," ucapnya.

"Siapa yang bisa memerintahkan tangkap hujan itu? Tadi sudah jelaskan tugas siapa, tugas siapa itu? Bukan tugas Pak Anies, pusatl ah. Pemerintah pusat, Bos. Presiden," lanjutnya.

Muslim sempat menyombongkan konsepnya itu bisa membebaskan Jakarta dari banjir hanya dalam waktu enam bulan. Namun klaim itu dikuliti Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arwani Tomafi.

"Selama kepemimpinan ini apa yang sudah dilakukan?" tanya Arwani.


Diketahui, Anies memang punya pendekatan berbeda dalam menangani banjir di Jakarta. Jika pemerintah pusat mengusung normalisasi sungai, Anies memilih naturalisasi sungai.

Konsep naturalisasi sungai Anies adalah merevitalisasi sungai tanpa penggusuran, namun hanya menggeser warga.

Lewat naturalisasi, Anies mengenalkan konsep pengembangan ruang terbuka hijau dengan tetap memperhatikan kapasitas tampungan untuk mengendalikan banjir. 

[Gambas:Video CNN]


(dhf/asa)