Setelah Sebulan Blusukan, Gibran Minta Relawan Gas Pol

CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 03:41 WIB
Setelah Sebulan Blusukan, Gibran Minta Relawan Gas Pol Gibran Rakabuming Raka. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Solo, CNN Indonesia -- Bakal Calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka rajin melakukan blusukan selama sebulan terakhir. Putra sulung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu pun meminta relawan pendukungnya untuk terus menggalang dukungan hingga Pemilihan Walikota Solo digelar September 2020 mendatang.

"Kita baru masuk gigi satu. Setelah ini kita masuk gigi dua dan gas pol," kata Gibran di hadapan ratusan relawan saat acara Rembug Relawan Kagege (Kancane Gibran Gess) Guyub Rukun Rapatkan Barisan Untuk Mas Gibran di Hotel Harris, Solo, Jawa Tengah, Minggu (5/1).

Pada kesempatan itu, Gibran mengapresiasi kerja relawan yang telah mendongkrak popularitasnya dalam survei internal. Agenda blusukan yang rutin ia lakukan setiap hari pun tak lepas dari kontribusi para relawan.


"Kalau saya blusukan, yang ngegedor pintu pertama ya pasti relawan. Koordinasi antarsimpul relawan juga bapak-bapak dan ibu-ibu ini yang menjalankan. Nggak ada mereka, nggak mungkin bisa seperti sekarang," kata dia.

Meski popularitas Gibran naik pesat berdasarkan hasil survei internal, Gibran meminta relawan tetap semangat menggalang dukungan dari masyarakat. Apalagi Pemilihan Walikota Solo baru dilaksanakan September mendatang.

Ia mengatakan banyak hal yang bisa mengganggu popularitas Gibran selama sembilan bulan ke depan. Termasuk isu-isu negatif yang diarahkan kepadanya.

Sejak menerjuni dunia politik pertengahan 2019 lalu, Gibran dituding menjadi bagian dari politik dinasti bapaknya. Statusnya sebagai pengusaha juga tak jarang menjadi sasaran tembak lawan-lawan politik.

"Kalau mau politik dinasti saya tidak perlu susah-susah blusukan. Saya juga sering dibilang masuk politik untuk cari proyek karena saya pengusaha. Tolong itu saya dibantu diluruskan," katanya.

Gibran sendiri pada Kamis (2/1) malam mengaku siap mendukung siapapun yang diusung PDIP jika dirinya gagal maju jadi calon Wali Kota Solo dalam Pilkada mendatang.

"Kan sudah pegang KTA (Kartu Tanda Anggota). Harus komitmen ke partai," kata Gibran.

[Gambas:Video CNN]
Sementara itu, Ketua Panitia Rembug Relawan Kagege Guyub Rukun Rapatkan Barisan Untuk Mas Gibran, Harjanto Suwardono mengatakan setidaknya ada 45 simpul relawan yang mendukung Gibran maju di Pemilihan Walikota Solo tahun 2020.

Sebanyak 35 tergabung dalam relawan Kagege ditambah 10 dari simpul relawan lain. Mantan aktivis Jokowi Center itu mengaku sulit memastikan jumlah relawan Gibran yang bergabung di simpul-simpul itu. (syd/kid)