FOTO : Restorasi Dokumen di ANRI Pascabanjir Jakarta

Safir Makki, CNN Indonesia | Rabu, 08/01/2020 13:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan restorasi atau perawatan segala bentuk dokumen pribadi atau keluarga yang terdampak bencana banjir di Jabodetabek pada awal 2020.

Arsip Nasional RI (ANRI) menawarkan layanan restorasi atau perawatan segala bentuk dokumen pribadi atau keluarga yang terdampak bencana banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada awal 2020. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Petugas memverifikasi dan mencatat jumlah arsip yang akan direstorasi, menyampaikan jenis kerusakan arsip, jenis perbaikan arsip yang akan dilakukan dan jangka waktu perbaikan arsip yang dibutuhkan. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Petugas mengangin-anginkan sejumah dokumen yang berhasil dipilah di tempat penjemuran. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tercatat 150 warga mendatangi ANRI untuk menyelamatkan dokumen seperti Akta kelahiran, ijazah, paspor serta dokumen penting lainnya. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Warga mendaftar untuk merestorasi dokumen yang terendam banjir awal 2020 kepada Tim Penanganan Arsip Bencana di kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, Selasa, 7 Desember 2020. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Menggunakan wax paper (kertas yang berbahan lilin) yang berfungsi melapisi tulisan agar tidak lengket saat pengeringan menggunakan setrika. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Tidak semua dokumen berhasil dikembalikan seperti semula antara lain karena tulisan sudah luntur, laminasi yang tebal susah dibuka. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Setelah proses pengeringan, semua dokumen dilaminasi atau enkapsulasi untuk melindungi fisik dari dokumen. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Petugas sangat hati-hati membuka dokumen dari warga yang kondisi masih basah. Membuka perlahan agar tidak sobek menggunkan pinset. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Ijazah milik warga paling banyak yang direstorasi petugas ANRI. Proses ini memakan waktu 1 hingga 2 hari. (CNNIndonesia/Safir Makki)