Prediksi Banjir Rob Jakarta, Anies Siagakan Alat dan Personel

CNN Indonesia | Selasa, 07/01/2020 20:13 WIB
Gubernur Anies mengatakan bakal mengerahkan semua alat Pemprov DKI untuk antisipasi ancaman banjir kiriman dan rob imbas air pasang maksimum pada 9-11 Januari. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengantisipasi banjir kiriman dan rob yang mengancam Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan setidaknya ada dua langkah yang diambil sebagai bentuk antisipasi banjir.

"Jadi semua alat yang kita miliki, kita siapkan semua personel yang kita miliki disiapkan. Kemudian ditugaskan di tempat yang di situ memiliki resiko terjadi rob dan banjir," kata Anies di Jakarta, Selasa (7/1).

Anies menjelaskan bahwa penempatan pasukan dan alat di titik rawan akan menjadi langkah yang cepat mengantisipasi banjir. Dengan begitu, Jakarta bisa lebih awas dalam mengawasi bencana banjir.


"Sehingga ketika ada potensi banjir langsung bisa di respons awal terutama rob. Lalu kita nanti sampaikan lebih lengkap ada beberapa titik kita akan ada fokus khusus," tegas dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini tidak merinci titik mana saja yang menjadi pusat rawan banjir. Ia hanya mengatakan bakal memberitahu informasi itu di lain waktu. Anies juga belum merinci jumlah personel yang dikerahkan untuk mengantisipasi banjir dan rob.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan daerah pesisir Jakarta Utara akan mengalami air pasang maksimum pada 9 Januari hingga 11 Januari 2020.

[Gambas:Video CNN]
Pasang maksimum akan terjadi pada pukul 10.00 WIB pada 9 Januari, pukul 10.00-11.00 WIB pada 10 Januari dan pukul 11.00 WIB pada 11 Januari 2020. Air pasang maksimum ini diduga akan mengakibatkan banjir rob dan bisa memperparah banjir di Jakarta.

Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan daerah Muara Baru di Jakarta Utara bahkan bisa mengalami banjir rob dua kali dalam sebulan. Muara Karang termasuk daerah yang langganan terkena banjir rob.

"Jakarta Utara dan beberapa pesisir Jawa Tengah seperti Pekalongan, Tegal, Semarang dan Surabaya sering terkena banjir rob. Tapi tidak semua daerah saat pasang maksimum terjadi banjir rob," kata Eko saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (3/12). (ctr/wis)