Ketua PDIP Solo FX Rudy Absen Rakernas di Jakarta

CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 13:38 WIB
Ketua PDIP Solo FX Rudy Absen Rakernas di Jakarta Ilustrasi kongres PDIP. (Foto: CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo absen Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1).

Pria yang juga menjabat Walikota Solo itu justru memimpin apel siaga di Plaza Bung Karno, Manahan, Solo, Jawa Tengah pada hari ini. Padahal, Rudy diketahui sudah berada di Jakarta untuk berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mengenai pembangunan Fly Over Purwosari, Kamis (9/1).

Rudy mengatakan saat ini Solo dalam keadaan siaga bencana sebagai respons atas peringatan BMKG beberapa waktu lalu mengenai cuaca ekstrem di Indonesia.


"Rakernas memang penting. Tapi mau gimana lagi, kepentingan rakyat lebih besar," katanya usai memimpin apel di Solo, Jumat (10/1).

Rudy memang menjadi Kepala Tanggap Bencana di Kota Solo selama cuaca ekstrem masih mengintai. Posisinya itu membuat ia tak dapat meninggalkan Solo untuk menghadiri Rakernas.


Menurutnya, DPC PDIP Solo sudah diwakili pengurus DPC dan anggota legislatif dari Fraksi PDIP. Sementara dari unsur kepala daerah, Solo sudah mengirim Wakil Walikotanya, Achmad Purnomo. Mereka berangkat, Kamis (9/1) siang menggunakan bus dari sekretariat DPC.

"Kan tidak lucu kalau nanti di Solo ada bencana, Walikota sama Wakilnya nggak ada di tempat tapi di Rakernas semua. Pak Pur (Purnomo) kan sudah di sana. Ya saya yang di sini," katanya.

Ia mengakui baru kali ini ia tidak menghadiri Rakernas partai sejak lebih dari 25 tahun menjadi pengurus PDIP. Agenda Rakernas biasanya membahas program kerja partai selama setahun ke depan. Termasuk program pembangunan dan kesiapansiagaan bencana.

Rudy juga tidak menyampaikan izin tertulis ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP terkait ketidakhadirannya di Rakernas.

Sebelumnya, tensi hubungan Rudy dengan DPP PDIP mulai mencuat sejak nama putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka masuk dalam bursa bakal calon Walikota Solo dari PDIP. Namun, DPC PDIP Solo yang dipimpinnya secara bulat mengusung Achmad Purnomo-Teguh Prakosa sebagai pasangan tunggal dari PDIP.


(syd/asa)