Hasto Pimpin Mengheningkan Cipta, Risma Baca Pancasila

CNN Indonesia | Jumat, 10/01/2020 15:32 WIB
Hasto Pimpin Mengheningkan Cipta, Risma Baca Pancasila Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDI Perjuangan digelar di kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1).

Berbagai prosesi membuka Rakernas tersebut sebelum sang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memberikan sambutan. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, di antaranya adalah menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, membaca Pancasila, dan mengumandangkan Mars PDIP.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto memimpin para peserta Rakernas PDIP untuk mengheningkan cipta.


Para kader pun mengikuti instruksi Hasto untuk memulai mengheningkan cipta, lalu mereka kompak menundukkan kepala khidmat diiringi kidung.

Setelah mengheningkan cipta, para peserta Rakernas I PDIP pun membacakan naskah Pancasila bersama-sama. Pembacaan naskah Pancasila itu dipimpin kader PDIP yang juga Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Hasto Pimpin Mengheningkan Cipta, Risma Baca PancasilaWali Kota Surabaya Tri Rismaharini. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Giliran Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutannya. Ia pun mengawali dengan menyapa sejumlah undangan, terutama dari luar partai yakni Ketum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Wapres RI periode 1993-1998 Try Sutrisno.

Sebelumnya, Hasto merinci Rakernas I PDIP 2020 ini akan dihadiri sekitar 4731 peserta dari struktur wilayah, legislatif, dan eksekutif kader parpol tersebut.

(rzr,fra/kid)