Gelar Rakernas, PDIP Pamerkan Rempah-rempah Seluruh Indonesia

CNN Indonesia | Sabtu, 11/01/2020 02:59 WIB
Gelar Rakernas, PDIP Pamerkan Rempah-rempah Seluruh Indonesia PDIP menampilkan pameran seluruh kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia beserta pengelolaannya dengan teknologi temutakhir dalam gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I sekaligus HUT PDIP Ke-47 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat. (CNNIndonesia/Ramadhan Rizky)
Jakarta, CNN Indonesia -- PDI Perjuangan menampilkan pameran seluruh kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia beserta pengelolaannya dengan teknologi termutakhir dalam gelaran Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I di JIxpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran itu sengaja digelar karena berkaitan tema Rakernas yakni 'Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional'. Adapun sub temanya yakni 'Strategi Jalur Rempah Dalam Lima Prioritas Industri Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari'.

Berdasarkan pantauan, selain pameran, PDIP turut memutar video terkait kejayaan rempah yang dimiliki Indonesia saat pembukaan. Sejumlah kesenian yang menunjukkan kejayaan rempah juga ditampilkan lewat pertunjukan seni.


Usai membuka Rakernas, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meninjau gerai pameran rempah-rempah di Hall B JiExpo bersama Sekjen PDIP Hasto Kristianto, Jumat (10/1). Dalam kegiatan tersebut Hasto menganggap rempah-rempah Indonesia mampu mengangkat kesejahteraan rakyat tanpa menghilangkan identitas.

Pameran itu memperlihatkan pelbagai remah-rempah dari seluruh Indonesia mulai dari cengkeh, lada, kayu manis, kapulaga, vanili, hingga berbagai jenis kopi. Banyak di antara rempah-rempah itu masih berbentuk bibit maupun sudah dikemas dengan kemasan yang menarik.

Gelar Rakernas, PDIP Pamerkan Rempah-rempah Seluruh IndonesiaPeserta Rakernas PDIP di JIExpo, Jakarta, 10 Januari 2020. (CNNIndonesia/Safir Makki)


[Gambas:Video CNN]

Khasanah sejarah Indonesia menjelaskan bahwa 'jalur rempah' adalah narasi besar Nusantara sebelum masa kolonial. Saat itu, rempah-rempah yang hanya tumbuh di wilayah Nusantara menjadi komoditas favorit warga Eropa.

Kebutuhan Eropa akan rempah-rempah, membuat pedagang dari Asia mengambilnya dari Indonesia dan menjualnya dengan harga sepuluh kali lipat. Hal itulah yang kemudian memantik bangsa Eropa untuk mendatangi langsung kepulauan nusantara dari semula bertransaksi dagang hingga memulai era kolonialisasi.

Beberapa waktu lalu, kepada CNNIndonesia.com, sejarawan JJ Rizal mengatakan jalur rempah adalah nama jalur dagang yang menempatkan Indonesia sebagai poros niaga dunia. Namun tak hanya soal niaga, jalur rempah juga jadi penghubung Indonesia dengan peradaban dunia.

Setelah melihat-melihat pameran, baik Jokowi dan Megawati akan mengisi sidang Rakernas secara tertutup. Sidang Rakernas itu akan diikuti oleh seluruh kader PDIP yang hadir dalam gelaran tersebut.

(rzr/kid)