Pengamat Sebut Zulhas Berpeluang Jadi Ketua Umum PAN Lagi

CNN Indonesia | Sabtu, 11/01/2020 06:27 WIB
Pengamat Sebut Zulhas Berpeluang Jadi Ketua Umum PAN Lagi Zulkifli Hasan. (CNN Indonesia/ Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengatakan bahwa Zulkifli Hasan merupakan bakal calon ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki peluang paling besar untuk menang di Kongres PAN mendatang.

Menurutnya, sosok yang akrab disapa Zulhas tersebut merupakan bakal calon yang terlihat telah memperoleh dukungan paling signifikan dibandingkan nama bakal calon ketua umum lain.

"Zulkifli Hasan paling berpeluang menang di Kongres PAN karena berhasil menggalang dukungan 30 DPW dan 300 lebih DPD. Sementara calon lain senyap dan nyaris tanpa pergerakan berarti," kata Adi dalam sebuah diskusi yang digelar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (10/1).


Dia berpendapat, keberhasilan Zulhas menjaga kepercayaan pemilik suara di Kongres PAN adalah salah satu kunci kesuksesan. Menurutnya, Zulhas juga berhasil merawat komunikasi dengan pengurus PAN di daerah secara intens selama ini.

"Tentu petahana punya keunggulan karena memiliki semua sarana untuk menggalang dukungan. Tapi yang paling penting adalah intensitas komunikasi. Ini rasanya yang dimiliki Zulhas dan belum dimiliki calon lain," kata Adi.

Ia kemudian membandingkan Zulhas dengan nama bakal calon ketua umum PAN Mulfachri Harahap. Adi menuturkan, Mulfachri seharusnya tampil lebih berani sebagai diri sendiri, bukan malah menggadang-gadang figur lain.

"Sebagai politisi matang seharusnya Mulfahri berani jadi diri sendiri. Komunikasi dengan DPW dan DPD tak akan intens kalau masih difasilitasi atas nama orang lain," ucapnya.

Mengenai Asman Abnur dan Dradjad Wibowo yang juga disebut bakal maju menjadi calon ketua umum PAN, Adi menilai masih perlu kerja lebih keras dalam menggalang dukungan.

[Gambas:Video CNN]
Menurutnya, Asman dan Drajad bisa mendekati jajaran pengurus daerah yang memiliki komunikasi kurang intens dengan Zulhas dalam lima tahun terakhri.

"Zulkifli selama lima tahun berkomunikasi intens dengan pengurus daerah, sementara Asman dan Dradjad rasanya baru akhir-akhir ini terlihat turun," tuturnya.

Sebelumnya, Waketum PAN Viva Yoga Mauladi menyampaikan bahwa terdapat lima nama bakal calon ketua umum PAN sejauh ini. Mereka adalah Zulhas, Mulfachri, Asman, Bima Arya, dan Drajad Wibowo.

PAN sendiri rencana akan menggelar Kongres PAN pada 2020 ini. Namun, belum ada keputusan terkait waktu pasti penyelenggaraan kongres itu, apakah di Februari atau Maret. Salah satu agenda kongres PAN nanti adalah memilih ketua umum untuk lima tahun mendatang.

(mts/agt)