PDIP Usung Kader Internal di 85 Wilayah Pilkada 2020

CNN Indonesia | Sabtu, 11/01/2020 15:46 WIB
PDIP Usung Kader Internal di 85 Wilayah Pilkada 2020 Wakil Sekjen PDI Perjuangan Arif Wibowo. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusung kader sendiri dalam Pilkada 2020 yang digelar serentak.

Dari 270 wilayah yang menggelar Pilkada 2020, PDIP akan mengusung kadernya di 85 wilayah, terdiri dari 3 provinsi dan 82 kabupaten/kota.

"Di 85 daerah kita bisa usung sendiri. 85 itu 82 kabupaten/kota dan 3 provinsi," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Arif Wibowo di arena Rakernas I PDIP di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1).


PDIP menargetkan 60 persen kemenangan di 270 wilayah yang menggelar Pilkada 2020. Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah memberikan arahan untuk mengkonsolidasikan semua elemen partai demi memenuhi target partai.

"Bagaimana kita mengkonsolidasi memenangkan pilkada di daerah-daerah yang sudah dipetakan dengan baik oleh partai," kata dia.

Selain itu, Arif menjelaskan bahwa Megawati turut mengarahkan agar PDIP menentukan pasangan calon dan mitra koalisi secara matang. Syarat untuk berkoalisi, kata Arif, harus menjamin kemenangan bagi partai dan rakyat.

"Bahwa partai harus diuntungkan dengan kemenangan dalam pilkada. Rakyat juga sudah jelas agar politik anggaran di daerah itu berpihak sama sekali kepada rakyat," kata dia.

Arif menyatakan pihaknya banyak mengincar daerah-daerah strategis untuk dimenangkan pada Pilkada 2020. Beberapa diantaranya adalah Bali dan Jawa Tengah. Alasannya, dua wilayah tersebut merupakan basis utama PDIP.

"Kemudian kita juga lihat dari aspek calon. Soal aspek calon rekam jejaknya harus clear betul," kata dia.

[Gambas:Video CNN]
Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto menyatakan partai sudah siap tempur di sebanyak 44 wilayah di Pilkada 2020.

Ia tak merinci wilayah mana saja. Akan tetapi, di 44 wikayah tersebut PDIP sudah mempersiapkan logistik hingga struktur partai dengan sangat baik.

"Tentu dengan kesiapan tempur kita meluncur di awal seperti ini dengan pertimbangan cukup siap untuk bertempur. Harapannya 44 ini menang dong," kata dia. (rzr/wis)