Puan Maharani Tak Mau Indonesia Dijajah Rempah Luar Negeri

CNN Indonesia | Sabtu, 11/01/2020 22:57 WIB
Puan Maharani Tak Mau Indonesia Dijajah Rempah Luar Negeri Ketua DPP PDIP Puan Maharani ingin kejayaan Indonesia akan kekayaan rempah-rempah terulang kembali (CNNIndonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPP PDIP Puan Maharani tidak ingin Indonesia yang kaya aneka jenis rempah-rempah justru terjajah dengan berbagai bumbu-bumbu impor dari luar negeri. Puan ingin kejayaan rempah-rempah nusantara yang memikat hati bangsa lain di masa lalu dapat hidup kembali saat ini.

"Dulu itu Indonesia dikejar negara luar terkait rempah-rempah. Namun, hari-hari ini ternyata rempah kita sudah banyak yang datang dari luar. Justru bukan kita penghasil rempah," kata Puan di saat meninjau pameran rempah-rempah di arena Rakernas I PDIP dan HUT Ke-47 partai di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/1).

Diketahui, PDIP menampilkan pameran seluruh kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia beserta pengelolaannya dengan teknologi termutakhir dalam gelaran Rakernas I selama 10-12 Januari.


Ketua DPR RI itu menerangkan bahwa PDI Perjuangan punya semangat untuk mengembalikan kejayaan nusantara. Puan memastikan partainya bakal mendorong kepada pemerintah dan anak muda untuk berinovasi dan mengembangkan rempah-rempah itu.

"PDIP, pada HUT-47 ini memiliki visi bahwa bagaimana mengembalikan rempah Indonesia dengan inovasi industri untuk kembali menjadi raja di dunia terkait dengan rempah. Nah ini visi yang dilakukan PDIP," paparnya.
[Gambas:Video CNN]
Puan turut mengklaim bahwa pameran rempah-rempah baru kali ini digelar oleh partai politik. Menurutnya, PDIP ingin memberi sinyal kepada semua pihak bahwa partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tidak main-main soal visi tersebut.

"Sepertinya ini pertama kali partai politik melakukan seperti ini. Jadi, kami ingin mengingatkan kembali bahwa rempah Indonesia sangat kaya raya dan banyak sekali di Indonesia. Jadi semua datang ke pameran rempah yang dilakukan PDIP," jelas dia.

PDIP menggelar Rakernas I di JiExpo Kemayoran, Jakarta pada 10-12 Januari. Saat pembukaan, sejumlah tokoh nasional dan pejabat publik tampak hadir.

Mereka antara lain Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Mantan Wapres Jusuf Kalla, Mantan Wapres Try Sutrisno, Mantan Wapres Boediono dan beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju.

Petinggi lembaga negara dan ketua umum partai politik juga tampak hadir. Nantinya, lewat rakernas, PDIP bakal mengeluarkan sejumlah rekomendasi kepada pemerintah untuk dijalankan.
(rzr/bmw)