Kuliner Nusantara di Pameran Rempah Rakernas PDIP

CNN Indonesia | Minggu, 12/01/2020 17:54 WIB
Kuliner Nusantara di Pameran Rempah Rakernas PDIP Sejumlah elite PDIP menikmati sajian khas nusantara di arena Rakernas. (CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para elite utama PDI Perjuangan ikut menikmati berbagai sajian khas nusantara di Pameran Rempah dan Pangan Nasional yang digelar dalam arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PDIP di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (12/1).

Terlihat, Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristianto, Ketua DPP PDIP Bidang Hukum, HAM, dan Perundang-undangan yang juga Menkumham Yasonna Laoly hingga Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat turut berkeliling melihat pameran. 

Yasonna mengunjungi sejumlah stan seperti rempah-rempah, khususnya minyak Atsiri. Dia sempat menanyakan pengoperasian mesin untuk ekstraknya. Mendengar khasiat dan semua dibuat karya lokal, ia meminta perlu dikembangkan. 


"Ini teknologi ini perlu dikembangkan," kata Yasonna.

Yasonna lantas melanjutkan kunjungannya ke stan DPD PDIP Sulawesi Utara. Ditempat itu, mereka dihidangkan secara langsung Ikan Tuna besar hasil tangkapan para nelayan di Sulut.

Di stan tersebut terlihat pula Ketua DPP PDIP Bidang Penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning dan Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, yang juga Gubernur Sulut. 

Semua elite PDIP itu menikmati sajian ikan tuna. Ada Tuna yang masih diolah mentah layaknya sashimi, bahkan ada Tuna yang diolah secara bakar. 

"Lagi bagus ya [ikan tuna] sekarang?," tanya Yasonna kepada Olly, yang kemudian dijawab dengan anggukan kepala. 

Semuanya menikmati ikan tuna yang disajikan. Bahkan, Olly sempat memberikan Yasonna tuna sambal khas Manado di piringnya. Sampailah saat ikan Tuna datang, Yasonna lantas berkata. 

"Nikmat mana lagi yang kau dustakan," kata Yasonna. 
[Gambas:Video CNN]
Ditempat yang sama, Hasto turut menikmati hidangan Soto khas Banjar. Ia menyatakan soto Banjar menunjukkan salah satu dari banyaknya keanekaragaman pangan yang dimiliki Indonesia.

Hasto menyatakan PDIP kedepannya akan mempelopori 'jalan kemakmuran' bagi masyarakat Indonesia melalui tiga pilar. Yakni penguasaan ilmu pengetahun, teknologi, dan riset.

"Sehingga kami harapkan apa yang kami tampilkan ini bisa menggelorakan semangat bahwa kita bangsa yang besar, kita bangsa yang hebat," kata Hasto.

Diketahui, PDIP menampilkan pameran seluruh kekayaan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia beserta pengelolaannya dengan teknologi termutakhir dalam gelaran Rakernas I selama tiga hari ini.
(rzr/sur)