Polisi Duga KKB Tembak Bus Freeport dari Ketinggian

CNN Indonesia | Senin, 13/01/2020 15:37 WIB
Polisi Duga KKB Tembak Bus Freeport dari Ketinggian Ilustrasi penembakan. (Istock/sandsun)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi menyebut pelaku penembakan terhadap dua bus yang mengangkut karyawan PT Freeport Indonesia, Senin (13/1) pukul 08.40 WIT, ialah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Diduga (dilakukan) KKB kopi pimpinan JB," Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw kepada CNNIndonesia.com, Senin (13/1).

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal menuturkan penembakan itu terjadi di area mile point 53-54.


Kejadian itu bermula saat dua bus karyawan PT Freeport berangkat dari arah Tembagapura menuju Timika pada pukul 07.00 WIT.

"Pukul 08.40 WIT, di area MP 53, tiba-tiba terdengar suara letusan sebanyak lima kali dan mengenai dua bus bagian belakang dalam konvoi tersebut (nomor Lambung bus 487 dan 419)," tutur Kamal dalam keterangannya.

[Gambas:Video CNN]
Saat kejadian, Kamal menuturkan para penembak tersebut diperkirakan berada di posisi ketinggian dan langsung melarikan diri ke arah sungai.

Usai kejadian, disampaikan Kamal, Kapolda Papua dan Kapolres Mimika langsung melakukan pengecekan di lokasi kejadian.

Kamal menyebut tak ada korban dalam insiden tersebut. Namun, bus karyawan PT Freeport mengalami kerusakan berupa pecah kaca dan bekas tembakan.

Saat ini, kata Kamal, polisi tengah melakukan olah TKP dan mengejar KKB. Selain itu, juga berkoordinasi dengan PT Freeport terkait pelaksanaan pengamanan di area tambang.

"Tim gabungan TNl-Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang diduga setelah melakukan penembakan melarikan diri ke dalam hutan," tutur Kamal.Lebih lanjut, Kamal menegaskan situasi di area tambang PT Freeport saat ini dalam kondisi aman dan kondusif.

(dis/arh)